Regulasi Balap MotoGP

Petrucci Keluhkan Regulasi Blue Flag di MotoGP Assen

Ahmad Garuda    •    Selasa, 27 Jun 2017 17:54 WIB
motogp
Petrucci Keluhkan Regulasi Blue Flag di MotoGP Assen
Pengibaran bendera biru saat balapan berlangsung, berfungsi untuk memperingati pembalap terbelakang yang akan di-overlapping pembalap terdepan. MotoGP ScrShot

Metrotvnews.com, Jakarta: Regulasi dalam balapan seperti pengibaran bendera-bendera yang memiliki makna khusus, punya peran penting. Terutama untuk ajang balap motor atau balap mobil yang penyelenggaraannya masih minim sistem digital.

Tapi bukan berarti sistem digital pun sistem ini bisa berjalan sempurna. Contoh paling mudahnya terlihat di MotoGP Assen, Belanda yang berlangsung pada Minggu (26/6/2017). Danilo Petrucci yang berharap bisa 'menikung' Valentino Rossi di akhir balapan, justru merugi karena pembalap barisan belakang (Alex Rins), menghalanginya.

Padahal saat memasuki posisi finish, jaraknya cukup dekat dari pembalap pemenang. Artinya, jika posisinya lebih rapat lagi (saat tidak dihalangi Rins) maka kesempatannya untuk menyusul Rossi di chicane terakhir cukup besar.

Momentum Danilo Petrucci merasa dirugikan Alex Rins yang menghalanginya di lap terakhir

"Saya juga bingung, kenapa bendera biru tidak dikibarkan saat itu kepada pembalap di urutan belakang. Padahal kami sedang bertarung meraih kemenangan dan seharusnya penyelenggara balapan ini sudah melakukannya. Karena jujur saja, kami berharap meraih kemenangan dan segalanya tertutup hanya karena sekali terhalang. Sehingga jarak Rossi denganku langsung jauh," klaim Petrucci.

Selain itu Petrucci juga menegaskan bahwa seharusnya pembalap yang berada di barisan belakang, ini juga lebih waspada. Mengingat mereka suatu saat akan tersusul pembalap lain, jika performanya memang cukup jauh di belakang. Apalagi saat balapan di Assen tersebut, beberapa pembalap melakukan penggantian motor setelah hujan gerimis turun di beberapa area.

Akibatnya jarak dengan pembalap yang ada di depan semakin jauh dan membuat kesempatan pembalap terdepan yang tidak melakukan penggantian motor, semakin berkesempatan melakukan overlapping. "Semoga seri-seri berikutnya tidak terjadi lagi."


(UDA)