Teknologi Otomotif

Ini Kuncian Michelin Pilot MotoGP

Ahmad Garuda    •    Minggu, 23 Jul 2017 17:00 WIB
teknologi otomotif
Ini Kuncian Michelin Pilot MotoGP
Michelin Pilot MotoGP, punya teknologi silica rain. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Peluncuran ban Michelin Pilot MotoGP pada Sabtu (22/7/2017), menyisakan beberapa hal menarik untuk dibahas. Terutama tentang teknologi yang mereka pakai di MotoGP dan sekarang dipakai untuk teknologi ban motor harian.

Menurut 2 Wheels Marketing Manager Michelin Indonesia, Roslina Komalasari saat proses peluncuran seri Pilot MotoGP, bahwa hasil riset Michelin di MotoGP, benar-benar mereka pakai untuk teknologi ban harian. Terutama untuk penggunaan di kondisi jalan basah.

"Hal yang kami paling utamakan dalam menciptakan teknologi ban terkini adalah mampu membawa penggunanya merasa aman. Tentunya teknologi yang kami aplikasikan juga tidak akan main-main. Berbekal pengalaman di balap MotoGP, kami membuat seri yang juga dinamakan dengan ajang balap tersebut," klaim Roslina.

Sebagai pembuktiannya, Ia menyebut teknologi terbaik yang mereka pakai salah satunya adalah silica rain technology (SRT). Teknologi ini memungkinkan grip ban dalam kondisi jalan basah tetap mengigit. Meski demikian, durabilitas atau daya tahan ban saat digunakan di jalanan kering pun tidak berkurang.

Sehingga para pengguna Pilot MotoGP ini diklaim mampu memberikan performa yang lebih baik ketimbang ban lainnya. Apalagi harga untuk pasar nasional banderol harganya masih sangat terjangkau.

Teknologi lain yang membuat ban ini jadi lebih tahan adalah penggunaan Michelin Overlap Technology (MOT). Yaitu proteksi tiga lapisan di bagian tapak ban. Selain membuat durabilitasnya jadi lebih baik, juga mampu membuatnya lebih tahan bocor.

Jika dibandingkan dengan seri Pilot Street, ban ini mampu menghadirkan performa untuk semua parameter yang diberikan Michelin. Di antaranya grip dalam kondisi jalan kering, grip dalam kondisi jalan basah, pengendalian hingga stabilitasnya.


(UDA)