Supersport 300 CIV

Naik 9 Posisi, Upaya Terbaik Imanuel Pratna di Race-2 CIV Mugello

Ahmad Garuda    •    Senin, 07 May 2018 11:03 WIB
balap motorpembalap nasionalimanuel pratna
Naik 9 Posisi, Upaya Terbaik Imanuel Pratna di Race-2 CIV Mugello
Naik 9 posisi dari grid start, hasil terbaik yang bisa diraih Imanuel Pratna di race-2 CIV Mugello. Terra e Moto (GorinisPhoto)

Mugello: Upaya Imanuel Putra Pratna untuk meraih hasil yang lebih kompetitif di sesi race kedua Campionato Italiano Velocita (CIV), belum membawa hasil mumpuni. Ia bahkan finis di bawah posisi finisnya saat menjalani race pertama yaitu 21 menjadi 23. Padahal performa lap time jauh lebih baik dari sesi race pertama.

Pembalap yang mengawali balapan dari grid start ke-32 itu, memang punya tantangan besar karena rombongan di barisan ini tampil cukup agresif. Pembalap berjuluk Elpratna itu, kesulitan melaju ke urutan pertengahan karena memang perebutan posisi sangat ketat. Apalagi Sirkuit Mugello sangat mendukung terjadinya aksi saling susul di kategori Supersport 300.

Akhirnya dalam race kedua yang berlangsung Minggu (6 Mei 2018) Ia harus puas finis di urutan ke 23 saja. "Memang tidak mudah, karena para pembalap Kawasaki di rombonganku tampil sangat cepat di trek lurus, sementara di tikungannya mereka sangat lambat. Jadi jarak dengan rombongan pembalap lain yang ada di depan jadi lebih jauh," keluh Elpratna.

Dari hasil lap time chart dan statistik selama balapan berlangsung, Elpratna tampil kompetitif. Catatan lap tercepat yang sanggup Ia raih, beberapa kali tembus ke 2 menit 9 detik. Selebihnya Ia cukup konsisten mencetak lap tercepat 2 menit 10 detik. Selebihnya Ia juga beberapa kali lebih lambat sedetik.

Ia mengaku lebih banyak menghabiskan waktu bertarung dengan pembalap di grupnya dan sulit meloloskan diri. Dalam rombongan balapnya, posisi terbaik adalah finis di urutan 17. Mengingat jarak antara rombongan di depan (urutan 16) memang sudah tak memungkinkan untuk disusul. Sementara Elpratna di lap terakhir sempat tembus ke posisi 18.

Ia juga menegaskan bahwa performa motor yang Ia rasakan di CIV kali ini lebih baik menurutnya ketimbang di seri sebelumnya. Ia merasa hanya kurang beruntung saja karena mengawali balapa dari grid start ke-32.


(UDA)