4 Rider Yamaha Indonesia Target Raih Podium di AARC 2016 Thailand

Hilman Haris    •    Rabu, 30 Nov 2016 14:07 WIB
balap motor
4 <i>Rider</i> Yamaha Indonesia Target Raih Podium di AARC 2016 Thailand
Galang Hendra siap memperbaiki posisi akhir klasemen

Metrotvnews.com: Empat pembalap Yamaha Indonesia bakal bertarung putaran final Asia Road Racing Championship 2016 (ARRC 2016) siap diselenggarakan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, 3-4 Desember. Nantinya, keempat pembalap tersebut bakal tampil di kelas Asia Production 250 (AP250).
 
Selain duet tim Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra dan Rey Ratukore serta Imanuel Pratna dari tim satelit (Yamaha Traxx-D TJM Bien Racing), YRI yang memang menjadi starter wajib ARRC 2016, tim juga diperkuat Syahrul Amin yang berstatus wild-card. Syahrul Amin mendapat apresiasi dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) setelah meraih juara nasional Sport 250 cc dan Sport 150 cc (Kejurnas IRS 2016 Sentul). 

“Ini merupakan pengalaman pertama balap di sirkuit International Buriram, Thailand. Selain set-up motor dan adaptasi racing line di sesi practice, regulasi sirkuit juga menjadi poin penting bagi saya. Ini menjadi tahapan belajar untuk bekal saya membalap pada tahun depan," tulis pernyataan resmi Syahrul Amin, Rabu (30/11/2016). 

ARRC Thailand menjadi momen penentuan keempat racer pembesut  Yamaha YZF-R25 tersebut untuk memperbaiki peringkat di klasemen rider dan kejuaraan tim. Oleh karena itu, berbagai persiapan telah dilakukan  selama di Indonesia. Salah satunya latihan di Sentul. Selain itu, para pembalap juga sengaja datang ke Thailand sejak dini agar bisa langsung latihan di lintasan yang memiliki panjang 4,5 km itu.
 
"Target kita memperbaiki hasil dari seri sebelumnya. Persiapan pembalap dan teknisi sudah dalam kondisi 100 persen. Keempat rider sudah siap fisik dan mental. Mereka ditargetkan meraih podium pada seri pamungkas," yakin Wahyu Rusmayadi, Manager tim Yamaha Racing Indonesia (YRI). 

Di klasemen sementara AP250 hingga ARRC India 1-2 Oktober, Galang Hendra ada di peringkat kelima. Berkaca dari pencapaian itu, Galang masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki posisi atau bahkan melewati pesaingnya dari Yamaha Thailand Racing Team, yakni Anupab Sarmoon dan Peerapon Loiboonpeng yang saat ini menempati urutan ketiga dan keempat. 

Gelar juara AP250 (ARRC 2016) sudah dipastikan milik pembalap Yamaha Thailand Racing Team, Apiwat Wongthananon. Posisi kedua juga tak mungkin direbut Galang. Sebab, nilai Takehiro Yamamoto (Trickstar Racing) sudah tidak dapat dikejar pembalap berusia 17 tahun itu. 


(HIL)