Balap Motor

Pocket Bike, Jalur Tepat Pembibitan Pembalap Muda

Ekawan Raharja    •    Selasa, 27 Sep 2016 10:15 WIB
balap motor
Pocket Bike, Jalur Tepat Pembibitan Pembalap Muda
Pembibitan pebalap muda Indonesia bisa dimulai dengan bermain pocket bike. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Tangerang: Sepeda motor mini atau pocket bike saat ini mulai menjamur di masyarakat Indonesia. Bagi mereka yang ingin menjadi melakukan pembibitan pembalap, pocket bike merupakan pilihan yang tepat untuk memulai belajar balap sepeda motor.

Penyelenggara KYT Ohlins Indonesia Mini GP, Ergus Oei, menjelaskan struktur pocket bike sudah sama dengan motor sport. Sehingga belajar balap untuk motor sport bisa dimulai dengan bermain pocket bike sejak usia dini.

"Karakteristik mengendarai pocket bike sama dengan motor sport, feeling-nya harus halus. Kalau gerakannya kasar dan patah, bisa terpental," ujar Ergus Oei di Mal Bale Kota Tangerang.

Dia juga menyebutkan bahwa pembibitan pembalap di luar negeri juga dimulai dengan pocket bike. Sebut saja Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, atau pembalap lainnya mulai belajar dengan pocket bike.

"Cuma di Indonesia saja pembalap mulai dengan motor underbone (sepeda motor bebek), karena pocket bike tidak difasilitasi. Makanya ini yang coba kita kembangkan," lanjutnya.

Pria energik ini juga mengingatkan kembali akan sepak terjang pembalap Indonesia Doni Tata sebelumnya. Saat Doni naik kelas di motor sport, Doni tidak bisa berbuat banyak.

"Itu karena Doni belajar dari motor underbone. Kelar dengan motor sport, kembali underbone dia sudah kacau karena feeling riding-nya berbeda," tutup Ergus.


(UDA)