World Supersport 300 Portimao

Aksi Ciamik Galang Hendra di Portugal Terganjal Elektronik

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 18 Sep 2017 11:06 WIB
balap motor
Aksi Ciamik Galang Hendra di Portugal Terganjal Elektronik
Galang digagalkan kendala elektronik. Yamaha

Metrotvnews.com: Galang Hendra Pratama, rider Indonesia yang mendapatkan kesempatan menjadi peserta balap World Supersport 300 (WSS300) tampil apik sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi. Galang berhasil jadi rider tercepat kesepuluh. Namun sayang Ia gagal meraih hasil bagus lantaran terjadi masalah teknis di motornya.

Mengawali balapan di sirkuit Portimao, Portugal (17/9/2017), Galang sempat merangsek ke posisi 6. Rider 18 tahun ini memang sudah menunjukkan performa yang bagus sejak sesi latihan hingga sesi kualifikasi.

Namun Galang hanya mampu melewati delapan dari 11 lap yang diharuskan. Posisi Galang terus merosot sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali masuk ke pit.

Lap kedua jadi kendala karena mesin tak mau berputar lebih dari 10.000 rpm. Hal ini membuat laju motor tak maksimal dan membuat pembalap lain mudah melewatinya.

"Saya yakin bisa langsung masuk top group saat start. Tapi ada masalah elektronik yang membuat tak bisa melanjutkan balapan. Saya tetap senang mengikuti kejuaraan ini," kata Galang yang gabung di tim Motoxracing dengan motor YZF-R3.

"Untuk sementara ini motor masih dalam pemeriksaan tim engineer untuk kemudian dilakukan evaluasi berdasarkan data 2D," ujar Wahyu Rusmayadi, manajer Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang ikut mendampingi Galang.

Adapun peserta dari WSSP300 Portugal diramaikan sebanyak 37 starter. Balapan ini jadi pengalaman pertama Galang bertarung dalam kompetisi level dunia yang menjadi rangkaian dalam penyelenggaran superbike dunia (WSBK 2017). 


(UDA)