Balap Motor

Imanuel Pratna 'Banjir' Dukungan Harumkan Indonesia

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 03 Mar 2018 19:05 WIB
balap motorpembalap nasional
Imanuel Pratna 'Banjir' Dukungan Harumkan Indonesia
Imanuel Pratna mendapat banyak dukungan dari kerabat dan teman. El-Pratna

Jakarta: Karir Imanuel Putra Pratna yang akhirnya berlabuh ke tim balap asal Italia Terra e Moto, membuat pihak keluarga tak ragu menggelar acara syukuran 'kecil-kecilan'. Namun siapa sangka, acara yang dihadiri kerabat dan teman dekat itu, juga dihadiri oleh pembalap nasional hingga tokoh penting dalam industri otomotif nasional.

Di antara pembalap yang hadir, terdapat David C Sitanala yang merupakan pembalap Formula single seater nasional yang berharap tahun ini bisa balapan di F4 Eropa. Kemudian ada juga Ali Adrian Rusmiputro yang merupakan pembalap World Supersport 300 pertama asal Indonesia yang tampil full musim di kejuaraan dunia itu.

"Tidak mudah bertarung di ajang balap dunia seperti ini. Komitmen besar tidaklah cukup untuk memberikan bukti. Diperlukan hasil yang betul-betul konsisten dan juga dukungan dari segenap bangsa, agar kita sebagai pembalap juga semakin terpacu meraih hasil terbaik di ajang balap tersebut," sambut Ali Adrian yang juga akan jadi kompatriot El di WSS300 2018.

Selain pembalap, dukungan Ketua Ikatan Motor Indonesia DKI Jakarta (IMI DKI), Anondo Eko, juga sangat besar. Sementara mewakili dunia industri otomotif nasional, Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto, juga ikut memberikan dukungan besar.

Morimoto menjelaskan bahwa Ia punya kebanggaan besar karena melalui program khusus yang mereka lakukan terhadap El Pratna, akhirnya membuahkan hasil. "Sama bangganya ketika saya pertama kali balapan di ajang balap Eropa. Semogai ini menjadi modal besar baginya untuk memberikan hasil terbaik bagi Indonesia," timpal Morimoto.

"Tanpa dukungan dari semua pihak yang ada di atas, apalah artinya kami. Langkah saya tidak akan mudah ke depannya. Tapi sebagai salah satu wakil Indonesia di ajang kejuaraan ini, ada ambisi besar untuk memberikan pembuktian bahwa pembalap Indonesia juga mampu menjuarai ajang balap kelas dunia seperti ini," klaim El Pratna, saat memberikan sambutannya di Malacca Toast, Jakarta Utara pada Sabtu (3/3/2018).

Bagian dari persiapan yang dilakukan El juga sudah cukup matang. Ia sedang rutin melakukan persiapan fisik, untuk membuat durabilitasnya lebih baik. Persiapan ini Ia lakukan dengan sepenuhnya, mengingat dalam enam bulan ke depan, Ia akan tinggal di Eropa dengan kultur budaya dan bahasa yang berbeda dari Indonesia.


(UDA)