Balap Motor

Regulasi WorldSS300 Banyak Pakai Komponen Standar

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 05 Oct 2016 19:00 WIB
balap motor
Regulasi WorldSS300 Banyak Pakai Komponen Standar
Kelas WSS 300 akan jadi kelas untuk pembalap muda. Bennets

Metrotvnews.com: Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) atau federasi internasional sepeda motor, memutuskan tahun depan akan ada kelas balapan tambahan World Supersport 300 (WSS300), yang digelar bersama rangkaian World Superbike dan World Supersport.

Regulasi sementara sudah dibuat FIM, dan update terakhir menunjukkan kalau WSS300 diproyeksikan sebagai balapan 'murah', karena banyak menggunakan komponen standar.

Sektor mesin mulai dari throttle body, injector, intake, fuel pump dan fuel pressure regulator harus standar. Cylinder head hanya boleh mengubah gasket, camshaft standar, berikut piston dan ring piston, blok, crankshaft, hingga crankcase harus standar.

Pengecualian untuk gearbox, penggunaan quick-shift diperbolehkan, begitu juga kampas dan per kopling. Radiator harus gunakan air biasa, selang rem boleh diganti, pelindung diperbolehkan.

Knalpot bebas, harus melepas catalytic converter, tak boleh mengubah posisi knalpot, suara knalpot maksimal 107 dB dengan toleransi 3 dB. Elektrikal seluruhnya standar, kecuali memindahkan posisi ECU.

Kalau suspensi, untuk depan harus bentuk standar tapi boleh merubah jeroannya tapi dengan batas harga maksimal. Suspensi belakang boleh diganti atau modifikasi, tapi dudukannya tak boleh diubah.

Adapun motor yang bisa digunakan pada kelas baru ini adalah Honda CBR500R, Kawasaki Ninja 300, Yamaha YZF-R3 dan KTM RC390. Regulasi ini masih dapat berubah hingga keputusan final yang dilakukan FIM tahun depan.


(UDA)