Indonesia Motorcycle Show 2016

Arti Penting Teknologi ABS untuk Sepeda Motor

Ekawan Raharja    •    Kamis, 03 Nov 2016 13:41 WIB
imos 2016
Arti Penting Teknologi ABS untuk Sepeda Motor
Bosch memperagakan teknologi ABS di sepeda motor (MTVN - Ekawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa jenis sepeda motor sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman anti-lock braking system (ABS) pada saat ini. Teknologi ini diklaim dapat meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan berkendara.

ABS diharapkan bisa melakukan tugasnya dengan baik. Sebab jika tidak, tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dapat terus meningkat. Sekarang saja, data dari Sales Manager Robert Bosch Automotive Technology, Takatoshi Tagawa menunjukkan ada 21 ribu kecelakaan yang melibatkan sepeda motor terjadi di Indonesia dan Thailand per tahun.  

Bahkan data dari World Health Organization (WHO) tertulis 36 persen kecelakaan yang terjadi di Indonesia melibatkan sepeda motor.

"Negara di Eropa sudah mewajibkan sepeda motor dilengkapi dengan ABS pada saat ini. Beberapa negara Asia seperti India atau Taiwan juga mewajibkan hal serupa," kata Takatoshi di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Menurut Takatoshi, penggunaan ABS dapat meningkatkan stabilitas berkendara, memangkas jarak pengereman, hingga mengurangi risiko pengemudi terjatuh. Bahkan studi yang dilakukan oleh Bosch, penggunaan ABS di sepeda motor membuat jarak pengereman lebih cepat 9 meter pada kecepatan 100 kilometer per jam.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) juga memiliki visi untuk mewajibkan penggunaan ABS untuk produk sepeda motor Indonesia. Namun gagasan ini harus menungu kesiapan industri akan teknologi ini.

"Kami akan lebih dulu melihat kesiapan industri untuk penggunaan ABS di produk-produknya. Jadi jangan membuat regulasi namun produk ABS tidak ada. Mungkin realisasinya pada satu atau dua tahun lagi," ujar Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata.

Teknologi ABS Bosch
ABS terbukti penting untuk sepeda motor. Terutama untuk sepeda motor berkapasitas kurang dari 250 cc. Berkaca dari itu, Bosch terus berusaha mengembangkan ABS. Bahkan perusahaan teknologi otomotif tersebut sudah memiliki ABS generasi kesepuluh pada saat ini.


Bosch ABS generasi ke-10

"Bosch secara konsisten menghadirkan solusi guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara roda dua. Salah satunya pengembangan teknologi ABS yang sudah dikembangkan sejak 30 tahun lalu," tegas Managing Director Bosch Indonesia, Ralf von Baer saat presentasi di IMOS 2016.


Efek teknologi ABS

ABS generasi kesepuluh Bosch hadir dengan berat 0,45 kilogram dan lebih kecil dari generasi sebelumnya. Namun ABS ini tetap memberikan suara dan getaran tambahan ketika bekerja.

"Namun ini bukanlah sebagai perangkat aftermarket. Akan kami pasok untuk pabrikan. Sebab ABS ini memerlukan beberapa pengaturan," tutup Sales Manager Bosch Original Equipment Indonesia, Reynold Rumambi.


(HIL)