Teknologi Otomotif

Teknologi Fairing MotoGP, Cocok untuk Motor Harian

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 25 Sep 2017 08:11 WIB
motogp
Teknologi <i>Fairing</i> MotoGP, Cocok untuk Motor Harian
Fairing versi 2017 lebih memungkinkan untuk digunakan dijalanan. Crash

Metrotvnews.com: MotoGP menjadi kiblat teknologi untuk diterapkan di sepeda motor jalanan. Lihat saja bagaimana Ducati merilis superbike bermesin V4 yang terinspirasi dari Desmosedici GP mereka.

Contoh lain ada Honda RC213V-S, yang merupakan versi jalan raya dari tunggangan Marc Marquez. Lantas kemudian fairing motor MotoGP, yang bisa saja diterapkan di motor jalanan.

"Apa yang terjadi saat ini, saya kira akan terjadi, ini karena fairing ini lebih relevan digunakan di jalanan ketimbang sayap-sayap (winglet). Ini jadi produk bagus dari regulasi baru," kata Corrado Cecchinelli, MotoGP Director of Technology.

Pernyataan Cecchinelli tentu merujuk terhadap penggunaan fairing yang digunakan musim balap MotoGP 2017, ketimbang winglet yang bentuknya tak tertutup, dan riskan bersenggolan dengan pengendara lain.

"Fairing ini cocok untuk motor kelas atas, ngomong-ngomong ini bukan tujuan kita membuat regulasi (pelarangan winglet), tapi ini efek lainnya," sambungnya.

Dengan banyaknya kehadiran hyperbike dan superbike yang tenaganya semakin besar dan cepat, tentu sisi aerodinamika jadi perhatian saat dipacu di kecepatan tinggi.


(UDA)