Teknologi MotoGP

MotoGP Mulai Lirik Balap Motor Listrik

Ahmad Garuda    •    Rabu, 06 Sep 2017 18:34 WIB
teknologi motogp
MotoGP Mulai Lirik Balap Motor Listrik
Motor balap listrik yang sudah banyak dikembangkan di ajang balap TTXGP. Wikimedia

Metrotvnews.com: Perkembangan industri otomotif dunia yang sudah mengarah ke teknologi otomotif ramah lingkungan, berdampak ke dunia balap. Setelah balap mobil Formula dibuat versi mobil balap listrik, kini penyelenggara balap motor MotoGP pun mulai melirik hal itu.

Alasannya sangat jelas. Balap motor prototipe MotoGP menjadi pamong pengembangan motor versi jalan raya atau versi produksi massal. Termasuk segala macam teknologi yang mendukung di dalamnya. Tentunya mereka akan sangat ketinggalan jika tidak segera membuka diri terhadap arah perkembangan industri otomotif dunia saat ini.

Memang belum ada keputusan tentang hal tersebut, tapi wacana pelaksanaan balap motor listrik versi prototipe, sudah beredar di kalangan paddock dan penyelenggara MotoGP. Ketika motor listrik sudah dominan di masa depan, dan teknologi balap MotoGP masih dengan pembakaran internal, kemungkinan industri yang akan meninggalkan mereka.

Berbicara tentang kemungkinan tersebut, Direktur Teknologi MotoGP yaitu Corrado Cecchinelli menegaskan bahwa balap motor listrik versi prototipe takkan mudah. Banyak pakem yang akan mereka ubah. Bukan hanya dari sisi teknologi motor, namun juga dari sisi pemahaman tim mekanik, fasilitas di sirkuit, trek dan masih banyak hal lainnya.

"Kami juga belum tahu kapan ini bisa kami realisasikan, tapi kemungkinan besar beberapa tahun kedepan kami akan mulai melakukan percobaan. Ini harus kami lakukan, mengingat tak mudah untuk mengaplikasikan transformasi teknologi dalam dunia balap. Banyak hal yang harus berubah, jika tidak maka akan sulit untuk diterapkan."

Apa yang diungkapkan Cecchinelli, memang ada benarnya. Apalagi mereka memang harus menyusun regulasi teknis di awal. Menggodok apa yang menjadi keinginan manufaktur, lalu kebutuhan penyelenggaraan, keinginan pembalap, kemampuan tim teknis hingga hal-hal kecil lainnya.

Cecchinelli melanjutkan bahwa tantangan mengubah pakem balapan dari balap motor dengan mesin pembakaran internal ke sistem motor listrik, itu sangat besar. Satu-satunya hal yang bisa mereka lakukan saat ini adalah dengan mulai menggodok secara perlahan, bagian per bagian sebagai langkah awalnya. Sehingga target percobaan di 2019 bisa dilakukan.


(UDA)