Cezeta 506, Skutik Retro Bermesin Tesla

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 02 Jun 2017 08:28 WIB
skutik
Cezeta 506, Skutik Retro Bermesin Tesla
Skutik listrik Cezeta 506. silodrome

Metrotvnews.com: Alkisah pada awal 1950-an hingga 1970 dari Chekoslovakia lahir dengan model yang unik, Cezeta 501 dan 502. Sayangnya meski dijual dengan harganya lebih murah, tidak juga mampu menandingi popularitasnya skuter made in Italy dan France yang merajai Eropa.

Keunikan dua varian Cezeta adalah fender roda depan yang sekaligus tanki bahan bakar. Posisi yang rawan memicu kebakaran besar bila terjadi tabrakan. Bahkan muncul olok-olok bahwa yang Cezeta buat sebenarnya bukan skuter, melainkan peluru kendali beroda dua.

Sekian lama tenggelam, Cezeta mencoba bangkit dengan memanfaatkan gaya retro yang sedang nge-trend. Hasilnya adalah Cezeta 506 yang diperkenalkan akhir tahun lalu. Bedanya dibanding 501 dan 502, tidak ada mesin bakar konvensional dan tanki bahan bakar di atas fender depan 506.

Sebagai penggeraknya, di hub roda belakang terdapat motor listrik dihubungkan dengan beterai Lithium Iron Yttrium Phosphate (LiFeYPO4) berkekuatan 5-10 kWh. Pemasok tenaga sama yang dipakai Tesla itu membuat Cezeta 506 sanggup ngebut hingga 110 km/jam.

Hebatnya batas top speed dan rentang perpindahan gigi dapat diatur manual di smartphone melalui apps Cezeta. Di bagian bawah dek terdapat speaker bluethooth yang dapat melantangkan koleksi lagu dari smartphone. Layaknya trend masa kini, Cezeta 506 juga dilengkapi colokan catu daya agar smartphone terus berdaya.
 
(LHE)