SCR950, Scrambler dari Yamaha

Ekawan Raharja    •    Jumat, 26 Aug 2016 14:25 WIB
yamaha
SCR950, Scrambler dari Yamaha
Yamaha SCR950 cukup bisa diandalkan untuk bersenang-senang diberbagai medan jalan. Cycle World.

Metrotvnews.com: Motor model scrambler dalam beberapa tahun kebelakang menjadi tren di kalangan bikers di seluruh dunia. Tren ini yang kemudian di baca oleh pabrikan dan menghadirkan model terbaru dengan gaya klasik scrambler, sebut saja salah satunya Yamaha SCR950.

Motor dengan desain scrambler sengaja diciptakan untuk melibas berbagai medan jalanan. Lantas bagaimana impresi cycleworld usai menyiksa SCR950?

Berbicara dapur pacu, motor ini mengusung mesin V-Twin 942cc SOHC 4-valve berpendingin udara. Namun dikatakan mesin ini sudah cukup memuaskan, khususnya saat berkendara di jalanan off-road. Tenaga yang dihasilkan, emisi yang bersih, dan mesin yang responsif membuat motor ini menyenangkan untuk diajak bermain tanah. Ketika di ajak ke jalan aspal, SCR950 tetap menyenangkan dengan tarikannya yang panjang dan juga responsif.

Beralih ke handling, motor ini menawarkan handling yang mudah dikuasai dan cukup untuk diajak berkelana di areal perkotaan. SCR950 tidak bisa dibandingkan dengan Ducati Scrambler atau Triumph Thruxton meski bermain di model yang sama, karena suspensi dan pengereman yang disematkan tidak sebanding.

Ketika motor ini dibawa di jalanan aspal, cukup bisa diandalkan. Ketika masuk ke jalan offroad, pengendara harus menjaga motor ini dari medan yang terlalu terjal karena suspensinya bukanlah suspensi yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Masih di jalanan offroad, jika dibawa dengan kecepatan yang sedang, motor ini cukup menyenangkan untuk diajak bermain diatas medan berkrikil.

Sektor pengereman masih bisa diandalkan, meski kurang menggigit dan responsif meredam tenaga. Tapi sisi positifnya adalah pengendara bisa merasakan dan mengatur traksi ban depan untuk bermanuver.

Sedangkan untuk riding position, motor ini terbilang nyaman dan handlebar yang cukup mudah untuk dikuasai. Hanya saja instrumen informasi cukup sulit untuk dibaca dan rumah filter udara di sebelah kanan cukup menggangu lutut.

Secara keseluruhan, tim Cycleworld cukup puas dengan performa, kenyamanan, dan harga yang ditawarkan pabirkan garpu tala. Motor ini bisa dijadikan pilihan jika mencari motor scrambler yang bisa diajak bermain tanah.

Spesifikasi Yamaha SCR950
Mesin: 942 cc air-cooled SOHC 4-stroke V-twin; 4 valves
Bore X Stroke: 85.0mm x 83.0mm
Compression Ratio: 9.0:1
Fuel Delivery: Fuel injection
Ignition: Transistor Controlled Ignition (TCI)
Transmission: 5-speed; multiplate wet clutch
Final Drive: Belt
Suspensi Depan: Telescopic fork, 4.7-in travel
Suspensi Belakang: Dual piggyback shocks, 2.8-in travel
Rem Depan: Wave-type disc, 298mm
Rem Belakang: Wave-type disc, 298mm
Ban Depan: 100/90-19
Ban Belakang: 140/80R17
Dimensi (Panjang x Tinggi x Lebar): 2250,4mm x 825,5mm x 1165,9mm
Tinggi Jok: 830,5mm
Wheelbase: 1574,8mm
Rake (Caster Angle): 28.4°
Trail: 129,54mm
Ground Clearance: 139,7mm
Fuel Capacity: 12 Liter
Fuel Economy: 21,6 liter per kilometer
Warna: Charcoal Silver - Rapid Red
Harga: USD8.699
 
 



(UDA)