Motor Unik

Kecepatan Motor Monowheel Pecah di Inggris

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 13 Sep 2016 15:32 WIB
motor unik
Kecepatan Motor Monowheel Pecah di Inggris
Kevin memacu monowhell-nya. Rideapart

Metrotvnews.com: Monowheel? ya memang masih banyak yang tak paham, tapi ini adalah sebuah kendaraan bermotor dengan menggunakan satu roda berdiameter besar. Pengemudinya duduk di dalam roda tersebut, dengan mesin di depan lututnya.

Memang ini bukan hal yang sering terlihat di jalanan, tapi monowheel kerap diracik utuk sekadar iseng. Tapi ternyata banyak juga orang iseng berkreasi dengan monowheel ini.

Salah satunya adalah pria asal Inggris, Kevin Scott dari Lincolnshire yang bersama Monowheel Team. Mereka memecahkan rekor kecepatan yang pernah ada. Kevin mengemudikan motor dengan 1 roda ini hingga kecepatan 108,8 kilometer per jam.

Rekor monowheel tercepat sebelumnya dipegang warga Amerika dengan kecepatan 91,7 kilomter per jam, pada 2001. Rekor milik Kevin yang dilakukan di Elvington Airfield ini akan tercatat dalam buku 2017 Guinness World Records.

Monowheel bukan suatu yang mudah dikendarai, salah satu kendalanya adalah kestabilan titik horisontal pengemudi duduk. Posisi pengemudi kerap berayun ketika roda berputar, itulah kenapa kecepatan motor unik ini tak bisa setinggi sepeda motor.


(UDA)