Motor Konsep

Design 90, Satu-Satunya Motor Lamborghini

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 06 Mar 2018 17:05 WIB
lamborghini
Design 90, Satu-Satunya Motor Lamborghini
Design 90 hanya dibuat enam unit dan salah satunya akan dilelang. Morebikes

London: Siapa sangka Lamborghini, pabrikan supercar asal Italia sempat membuat purwarupa (prototype) sepeda motor? Motor tersebut diberi nama Design 90, yang merupakan sebuah motor superbike.

Meski pada namanya terdapat angka 90, nyatanya motor ini dirakit tahun 1980-an. Design 90 muncul dari sebuah keisengan untuk membuat motor produksi massal seperti dituliskan Morebikes.

Lamborghini menggandeng ahli sepeda motor asal Prancis untuk membuat enam unit motor prototype. Hasilnya adalah Design 90 ini, dan hanya tersisa satu unit.

Motor ini punya desain yang terinspirasi dari Lambborghini Countach. Lihatlah garis-garis di bagian bodi sampingnya, yang sangat mirip dengan supercar andalan pabrikan bermarkas di Bologna, Italia waktu itu.

Design 90 menggunakan mesin 1.000 cc dari Kawasaki, tenaga puncaknya mencapai 130 daya kuda, dengan berat hanya 183,7 kg saja. Sangat bertenaga dikelasnya waktu itu.

Sayangnya Lamborghini tak menerima banyak permintaan untuk motornya tersebut, alhasil Design 90 tak diproduksi massal. Namun jika Anda tertarik, motor ini dilelang oleh rumah lelang H&H Classics.

"Mereka yang tertarik dengan motor ini pastiah kolektor Lamborghini termasuk traktornya. Motor ini dalam kondisi yang sangat baik," kata Mark Bryan, pengamat motor. Barangkali warga Indonesia ada yang tertarik mengoleksinya?


(UDA)