Industri Otomotif

Ducati Dijual, Royal Enfield Dikabarkan Siap Beli

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 09 May 2017 18:05 WIB
ducati
Ducati Dijual, Royal Enfield Dikabarkan Siap Beli
Ducati dijual untuk menutupi kerugian Volkswagen Group. Morebikes

Metrotvnews.com: Kabar dijualnya Ducati oleh Volkswagen Group sudah kami tulis beberapa hari lalu. Kini kabar itu kembali, namun dengan calon pembelinya, yang justru juga datang dari sesama produsen sepeda motor.

Royal Enfield dikabarkan siap membeli pabrikan motor Italia itu dari perusahaan asal Jerman. Dijualnya Ducati untuk menutupi kerugian Volkswagen Group akibat skandal dieselgate yang melilitnya.

Eicher Motors, pemilik Royal Enfield saat ini merupakan salah satu perusahaan otomotif paling untung saat ini di duia. Dan laporan lain mengatakan Eicher Motors sudah memeriksa ketentuan untuk mengakuisisi Ducati, serta kemungkinan harga jualnya.

"Saya sudah memeriksa semuanya. Kami selalu terbuka untuk pikiran dan ide baru. Tapi seperti yang kalian ketahui, kami sangat fokus dan selektif, tanpa mengatakan tidak untuk apa pun, kami tak mau ada yang mengalihkan hal itu," kata Siddhartha Lal, CEO Eicher Motors.

Artinya Royal Enfield masih terus mempelajari peluang menebus Ducati. Namun disatu sisi mereka tak ingin fokusnya terbagi, atau hanya fokus pada salah satu brand saja. Jika kelak membeli Ducati, mereka ingin keduanya berjalan dengan baik.

Pada 2016 lalu Ducati mampu menjual 55 ribu unit motor diseluruh dunia. Harga Ducati saat ini diprediksi mencapai 1,25 miliar euro. Volkswagen Group sudah memanggil pihak eksternal untuk menghitung aset Ducati, untuk menentukan nilainya.


(UDA)