Balap Motor

Indonesia Kirim Perwakilan Ikuti AXCR 2017 di Thailand

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 05 Aug 2017 10:10 WIB
balap motor
Indonesia Kirim Perwakilan Ikuti AXCR 2017 di Thailand
Tahun kedua Tim Furukawa Battery punya persiapan lebih matang. Furukawa

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Dakar Rally punya cap sebagai reli paling ganas di dunia, maka Asia punya Asia Cross Country Rally (AXCR). Medannya memang tak seganas Dakar Rally, tapi tetap akan menantang dan pesertanya pun datang dari berbagai negara.

Indonesia tahun ini kembali mengirim wakilnya untuk ikuti AXCR 2017 di Thailand, lewat tim Furukawa Battery Indonesia. Mereka tidak kapok ikuti reli ini setelah tahun lalu mendapat hasil yang kurang maksimal.

Tahun ini Kadex Ramayadi dan Rudi Poa kembali memperkuat tim, Kadex menggunakan motor Husqvarna FE 250 dan Rudy dengan Husaberg 250. Menariknya ada tambahan tim mobil dengan Lody Francis Natasha dengan co-driver Memen Linggau, menggunakan Isuzu D-Max.

"Motor saya kali ini lebih baik karena selain terbilang baru, motor tahun 2014 tetapi masih segar karena hanya saya gunakan untuk berlatih. Jadi saya dan motor sudah saling memahami karakter masing-masing. Beda dengan tahun lalu ketika kami harus menyewa di Thailand," kata Rudy di Kemang, Jakarta beberapa hari lalu.

Kali ini Tim Furukawa Battery Indonesia mendapat lebih banyak dukungan ketimbang tahun lalu. Selain dari Furukawa Battery, Pikoli–produsen pelumas, Isuzu D-Max, IOF bahkan JNE, akan memberikan support.

"Kami tidak mematok target terlalu tinggi, finish dan masuk dalam 10 besar sudah sangat realistis saat ini. Ini adalah keikutsertaan kami yang kedua, yang pertama tidak terlalu sukses, kami harap bulan ini kami dapat membawa nama baik Indonesia di ajang AXCR ini," ujarnya.

AXCR adalah reli terbesar di Asia yang digelar sejak tahun 1996. Lebih hemat dari segi finansial ketimbang rally Dakar, AXCR memberikan tantangan bervariasi khas alam Asia Tenggara. AXCR dirancang untuk mencakup banyak jenis medan seperti hutan, rawa, menyeberangi sungai dan juga padang pasir. 

Selama beberapa tahun terakhir hampir semua jenis tantangan yang ditawarkan oleh alam di Asia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang melintasi berbagai negara seperti Kamboja, Laos, Malaysia, Vietnam hingga Myanmar dan RRC, AXCR kali ini hanya akan diselenggarakan di Thailand pada tanggal 13 Agustus dimulai di Kanchanaburi dan selesai di Ayutthaya, 19 Agustus 2017.


(UDA)