Balap Motor

Ban Balap Racikan Lokal jadi Favorit Komunitas YSR 2017

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 18 Jul 2017 07:21 WIB
gajah tunggal
Ban Balap Racikan Lokal jadi Favorit Komunitas YSR 2017
Ban IRC Fasti 1 ditawarkan dengan harga bersahabat. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Bogor: Balapan motor menjadi tempat berkumpulnya komponen-komponen terbaik untuk digunakan para pembalap. Salah satu komponen utama adalah ban, yang membantu memaksimalkan traksi dan pengendalian motor.

Dalam balapan Yamaha Sunday Race (YSR) 2017, ban IRC jadi favorit para peserta khususnya kelas komunitas. Hampir seluruh peserta kelas komunitas 150 dan 250cc menggunakan ban Fasti 1, yang merupakan ban tipe slick.

"Mengejutkan juga karena dari seri ke seri, komunitas yang pakai ban kami semakin bertambah jumlahnya dan dominan," ujar Dodiyanto, Marketing & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban merek IRC.

Sugiartono salah satu peserta dari tim YROI Dewata Racing Team mengatakan sudah lama menggunakan ban ini. "Kualitas tidak kalah dengan merek impor yang harganya lebih tinggi, untuk ikutan YSR sudah cukup pakai ban ini," papar peserta kelas Sport 250 Community B ini di sela YSR akhir pekan kemarin.

H Mizuno, Vice President Director IRC Jepang yang kebetulan sedang berkunjung mengaku kagum karena banyak yang menggunakan ban tersebut. Pria Jepang ini mengaku baru pertama kalinya melihat balapan dan 50 persennya menggunakan ban IRC.

"Ini membuat kami lebih bersemangat kalau di balapan itu improvement dan development tak boleh berhenti  dan harus terus menerus," katanya di area paddock Sirkuit Sentul, Bogor kemarin.

Dibandingkan dengan merek impor, harga ban Fasti 1 cukup terjangkau oleh kantung anggota komunitas. Sebagai gambaran, harga untuk satu set ukuran 110/80-17 dan 140/70-17 untuk Yamaha YZFF-R25 berbanderol tak sampai Rp1,5 juta.


(UDA)