Motor Baru

Yamaha YZF-R15 V3, Diklaim Lebih Aman

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 21 Sep 2016 15:22 WIB
yamaha
Yamaha YZF-R15 V3, Diklaim Lebih Aman
YZF-R15 V2 saat ini sudah waktunya berganti model. Dok. MTVN

Metrotvnews.com: Sport bike full fairing 150 cc saat ini diisi oleh Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15. Untuk R15, sejauh ini belum mengalami perubahan desain sejak pertama kali 2014 lalu. Namun versi terbaru diklaim lebih aman berkat penambahan teknologi ABS pada sistem pengeremannya.

Artinya, mengendara bisa lebih aman karena rem berteknologi anti-lock braking system (ABS), yang mencegah roda terkunci saat kehilangan grip. Ini tuntutan dari pasar India yang mulai April tahun depan, mewajibkan motor di atas 125 cc dengan rem anti terkunci ini.

Sejauh ini, perubahan paling sering dilakukan pabrikan garputala sejauh ini hanya permainan striping baru, pilihan warna ala MotoGP hingga yang terakhir merilis versi Ohlins, dengan suspensi asal Swedia itu sebagai standarnya.

Sedangkan CBR150R sudah dua kali berubah. Pertama dengan versi impor dari Thailand, lalu kemudian di rakit lokal secara CKD. Kemudian versi lampu ganda dirilis dengan perakitan seluruhnya dilakukan secara lokal.

Yang terakhir adalah versi All New CBR150R, yang dirilis dengan menghadirkan duet rider Repsol Honda. Tentu YZF-R15 V2 yang muncul pertama kali di India sudah harus berganti model, kalau tak mau ketinggalan jauh dari kompetitornya itu.

Untungnya brand Jepang satu ini sedang menggodok kehadiran YZF-R15 V3. Hal ini disampaikan Managing Director, Yamaha Motor Research & Development India, Yasuo Ishihara kepada Financial Express. Yasuo juga mengatakan kalau motor ini tengah dikembangkan di Jepang, dan akan diuji coba di Indonesia. Akan ada perubahan desain yang sedikit banyak terinspirasi dari model YZF-R25.


(UDA)