Replika Motor

Seniman 'Kardus', Bikin Kawasaki Ninja ZX-10 dari Kardus

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 31 Jul 2018 08:09 WIB
kawasaki
Seniman 'Kardus', Bikin Kawasaki Ninja ZX-10 dari Kardus
Kawasaki Ninja ZX-10R kardus karya Gabriel Arruda. Youtube

Dourados: Membuat replika motor menggunakan kardus biasanya digunakan untuk membuat tiruan yang berukuran kecil. Tapi seniman asal Brasil bernama Gabriel Arruda ini beda, Ia membuat replika motor dengan skala 1:1.

Menggunakan kardus, Kawasaki Ninja ZX-10R buatannya punya detail yang sangat nyata. Misalnya komponen rantai dan gir yang bisa berputar dan bergerak seperti aslinya, lalu bentuk rem cakram dengan pola gelombang.

Dalam proses pembuatannya, Gabriel meracik setiap bagian bodi dan komponen motor dengan sangat teliti. Nantinya tiap-tiap bagian motor ini akan digabungkan menjadi sebuah motor yang utuh, seperti terlihat pada foto.

Dengan menaruh perhatian besar di bagian detail, banyak komponen di motor kardus miliknya berfungsi normal. Selain rantai tadi, ada suspensi depan yang bisa naik-turun, tuas rem dan kopling termasuk tuas perseneling. Prosesnya bisa dilihat pada video disini. 

Dirinya juga mendesain ulang komponen agar terlihat proporsional. Tak heran jika karyanya ini disebut yang paling sulit yang pernah dikerjakan olehnya. "Prosesnya sangat memakan waktu, ketekunan dan kerja keras," katanya.

Kawasaki Ninja ZX-10R merupakan sebuah superbike yang berstatus juara dunia World Superbike. Motor ini bersaing dengan superbike lainnya macam Ducati Panigale V4, Honda CBR1000RR Fireblade, Suzuki GSX-R1000, Yamaha YZF-R1, BMW S1000R dan Aprilia RSV4.


(UDA)