Tips Knowledge

Tips dan Trik Edi Brokoli Bagi yang Doyan Touring

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 01 Mar 2018 08:15 WIB
tips knowledge
Tips dan Trik Edi Brokoli Bagi yang Doyan Touring
Edi Brokoli berbagi tips tentang perlengkapan berkendara agar labih safety. medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Kecintaanya terhadap sepeda motor, membuat Edi Brokoli suka dengan kegiatan touring. Artis berambut kribo itu berpesan tentang pentingnya menggunakan perlengkapan berkendara/riding gear sebagai penunjang keselamatan berkendara.

Pria ramah ini pun membagi tips dan pengalamannya jika ingin melakukan touring. Menurutnya, ada beberapa peralatan yang wajib Anda bawa saat touring motor. 

"Sebelum touring pelajari rute perjalanan yang akan ditempuh, termasuk mengemas barang bawaan. Membawa barang bawaan jangan terlalu banyak. Barang bawaan untuk menempuh perjalanan empat hari harus sama dengan perjalanan dua minggu, agar tidak over load." beber Edi saat berbincang dengan medcom.id di Jakarta, Rabu (1/3/2018).

Kata Edi, hal lain yang mesti diperhatikan adalah kita tinggal di negara yang memiliki dua musim, kamarau dan hujan. Jadi meski musim panas tetap diwajibkan membawa jas hujan, apalagi di musim hujan.

"Untuk riding jarak jauh minimal gunakan helm half face, tapi sebaiknya menggunakan helm full face, agar lebih terlindungi dengan baik. Lengkapi juga dengan protektor lutut dan siku agata lebih aman," tambah Edi.

Selain itu, disarankan membawa sarung tangan minimal dua pasang, untuk cadangan. Karena meskipun hujan kita harus tetap pakai sarung tangan, apabila sudah tidak hujan lagi, ganti dengan yang kering. 

Jangan lupa untuk menggunakan sepatu di atas mata kaki untuk melindungi engkel/mata kaki dan mencegah kaki terkilir. Termasuk memakai buff agar nyaman saat melewati jalan berdebu dan melindungi dari asap knalpot kendaraan lain.

"Inti dari semua gear yang dipakai adalah harus nyaman dipakai, baru setelah itu keamanan. Kalau perlengkapan yang kita pakai tidak nyaman malah bisa membuat tidak aman, karena akan mengganggu saat berkendara. Persiapkan juga kondisi badan dengan baik, jaga stamina, jangan berpergian dalam keadaan sakit. Selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan mengenakan perlengkapan keselamatan," tutupnya.


(UDA)