Teknologi dan Otomotif

Malas ke Bengkel Motor? Permudah dengan Apps

Ahmad Garuda    •    Jumat, 24 Nov 2017 18:20 WIB
teknologi otomotif
Malas ke Bengkel Motor? Permudah dengan Apps
Booking service motor lewat aplikasi, memudahkan manjemen waktu pelanggan. MTVN/Ahmad Garuda

Jakarta: Aktifitas ke bengkel untuk sekadar melakukan servis berkala, adalah aktifitas yang kebanyakan membuat orang tak begitu senang. Selain karena menyita waktu, juga karena mencari waktu tepat untuk melakukan itu sepertinya sangat sulit. Kalau sudah begini, kapan Anda bisa melakukan servis kendaraan?

Hal ini pun sontak dijawab oleh beberapa penyedia aplikasi di gawai tentang pelayanan otomotif. Beberapa waktu terakhir ada yang namanya montir panggilan. Namun terkadang karena mereka besar secara otodidak, banyak hal yang atau pakem yang tak begitu mereka pahami.

"Mekanik panggilan sebenarnya jadi solusi yang bagus. Tapi kami lebih rekomendasi mekanik panggilan yang memang disediakan oleh bengkel resmi APM. Tapi saat ini memang kami belum sampai di situ. Untuk tahap awal, kami lebih mengedukasi tentang pemanfaatan sebuah aplikasi di platform Android dan iOS, untuk lebih fleksibel melakukan servis di sebuah bengkel," klaim Networking Development SUMO365, Fredi Ramatirta di acara servis kunjung SUMO365 di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Jumat (24/11/2017).

Menurut Fredi, melakukan edukasi kepada para pengguna motor untuk secara sadar datang ke bengkel melakukan servis rutin kendaraannya saja sudah sangat sulit. "Tapi kini kita permudah dengan fleksibilitas waktu dan jam booking yang mereka inginkan. Secara otomatis ini akan terdata."

Ia juga menegaskan bahwa setiap bengkel yang punya kerja sama khusus dengan mereka, wajib menyediakan satu pit stall untuk pelayanan konsumen yang melakukan booking dari aplikasi SUMO365. Sehingga kerja sama dengan bengkel mereka terlihat aktif.

"Tentang penetapan harga dan biaya servis, itu kami akan mengikuti harga yang ditetapkan oleh bengkel yang dipilih konsumen. Sehingga tidak merusak pasar."

Keistimewaan paling utama melakukan servis melalui aplikasi seperti ini adalah memanfaatkan efektifitas waktu. Ibarat mesin pabrik yang memang butuh perawatan di sesi downtime, sehingga tak mengganggu kinerjanya di sesi reguler.


(UDA)