Regulasi Dimunculkan Setelah Skuter Listrik Diproduksi Massal

Ekawan Raharja    •    Rabu, 09 Nov 2016 15:00 WIB
Regulasi Dimunculkan Setelah Skuter Listrik Diproduksi Massal
Regulasi skuter listrik baru dibuat setelah unitnya tersedia. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Skuter listrik buatan Indonesia, yakni Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) akan muncul dalam waktu dekat. Sebelum 'lahir', pembahasan mengenai payung hukum untuk skuter ramah lingkungan ini jadi topik yang hangat diperbincangkan.

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan, menegaskan regulasi untuk skuter listrik belum ada hingga saat ini. Pria berkacamata tersebut menjelaskan bahwa regulasi dan standar industri akan dibuat saat unitnya sudah ada.

"Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah konsensus antara produsen, pemerintah, perguruan tinggi, dan publik. Oleh karena itu harus ada produknya terlebih dahulu," ujar Putu di Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Jika produknya sudah ada, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan langsung menetapkan standar untuk skuter listrik. Standar bisa berupa untuk baterai, sasis, atau komponen-komponen lainnya.

Baca juga: Pesanan Membludak, Pemasaran Gesits Dipercepat

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir, merasa payung hukum untuk skuter listrik perlu dilakukan. Dengan begitu bisa melindungi skuter listrik yang diproduksi anak bangsa di pasar.

"Kebijakan yang ada harus siap menghadapi persaingan pasar. Tidak masalah jika persaingan pasarnya sempurna. Namun jika tidak sempurna, regulasi ini yang akan melindungi," tegas Nasir.

Saat ini, Gesits sedang di ujicoba oleh Kemenristekdikti dengan melibas jalan dari Jakarta menuju Nusa Dua Bali. Sebanyak lima unit purwarupa Gesits akan melewati jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa dengan estimasi waktu selama lima hari perjalanan.

Baca juga: Gesits, Motor Karya Anak Bangsa Uji Jalan Jakarta-Bali


(HIL)