Komunitas Motor Review Performa Kampas Rem Daytona

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 28 Aug 2016 08:40 WIB
komponen aftermarket
Komunitas Motor <i>Review</i> Performa Kampas Rem Daytona
Komunitas roda dua uji kampas rem hingga Puncak. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Komponen aftermarket biasanya diklaim punya kualitas lebih tinggi dari komponen standar. Tapi rasanya hal itu hanya klaim satu pihak saja jika tidak membuktikannya secara langsung dengan mengajak calon konsumennya.

Itulah yang dilakukan Daytona Indonesia yang mengajak 16 anggota komunitas, untuk menjajal kampas rem brand Jepang tersebut, yang belum lama dirilis ke pasaran. Jalur Cibitung-Bogor-Puncak dipilih untuk menguji kampas rem tersebut.

Kampas rem yang diuji adalah UltraForce  baik tipe Steel Fibers maupun Lapinus Fibers. Tipe pertama dijual Rp50 ribu, sementara Lapinus Fibers Rp75 ribu. Harga yang ditawarkan cukup bersaing untuk kampas rem aftermarket.

Dari hasil pengetesan, rata-rata mengatakan puas dan menemukan karakter berbeda dalam melakukan pengereman. "Getaran saat melakukan pengereman lebih halus, kondisi hujan juga tidak berisik, jarak pengereman lebih pendek dan handel rem lebih empuk ditekan," papar Resdian Dandi Pradana dari SSFC Cikarang.

Lain lagi dengan Abdul Azis, yang mengatakan karakter pengereman lebih smooth. "Kalau rem ditekan keras seperti lost, tidak mengunci ban. Tapi kalau ditekan agak smooth, kekuatan gigitnya naik bertahap, tidak sampai mengunci ban," ujar pengguna Yamaha Nmax ini.

Kampas rem ini tersedia untuk motor Honda Supra X 125, BeAT FI, Vario 125, Vario 150, Verza, CB150R, CBR150R, Yamaha Mio Sporty, Mio J, X-Ride, Xeon RC, Jupiter Z1, Mio M3 125, Nmax, MX King, New V-Ixion, YZF-R15, Suzuki Satria F150 dan Kawasaki Ninja 150R dan Ninja 150RR.


(UDA)