Test Ride

Serunya Sensasi All New Honda CRF150L di Trek Off Road

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 16 Nov 2017 08:10 WIB
honda motortest ride
Serunya Sensasi All New Honda CRF150L di Trek Off Road
Menjajal performa All New Honda CRF150L di trek nan ekstrim. MTVN/M Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Bandung: Segmen motor trail 150cc semakin meriah dengan hadirnya All New Honda CRF150L. Rival langsung Kawasaki KLX 150 ini pun optimis dengan produk barunya yang menawarkan sejumlah keunggulan.

Tim Metrotvnews.com beruntung menjadi salah satu peserta mendapat kesempatan menjajal performa All New Honda CRF150L di kegiatan turing, di kawasan Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (15/11/2017). Kegiatan ini sengaja diadakan oleh Honda lantaran ingin menyuguhkan pengalaman yang berbeda, berikut ulasannya.

Sebagai gambaran awal perjalanan turing ini menempuh jarak sejauh 50 km yang menyuguhkan berbagai macam trek/lintasan. Mulai dari trek aspal, bebatuan, tanah hingga trek off road. 

Dimensi
Secara ukuran CRF150L yang memiliki panjang 2.119 mm, lebar 793 mm dan tinggi 1.153 mm, dengan sumbu roda 1.375 mm, ground clearance 285mm dan tinggi jok 869 mm serta bobot kosong 122 kilogram, mendapat nilai plus. karena dengan bobot tersebut tergolong tidak terlalu berat untuk sebuah trail berkapasitas 150 cc. Terlebih bagi postur tubuh orang Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata 170 cm.

Handling
Memang bobot CRF150L lebih berat dibanding KLX150 yang hanya memiliki bobot 118 kg. Namun untuk urusan handling, CRF150L terbilang ringan dan mudah dikendalikan, terutama ketika melibas medan off road. 

Ini berkat suspensi Showa, Long Trvel Inverted Fron Fork dengan suspensi inverted terbesar di kelasnya berukuran diameter pipa 37mm dan panjang stroke 225mm, serta bawaan pelek standar ukuran 21 inci di bagian depan dan 18 inci di bagian belakang. Termasuk desain stang motor yang juga mendapat komentar positif dari beberapa peserta karena ukurannya yang pas dan mudah dikendalikan.

Jok

Beberapa peserta termasuk komunitas memberikan komentar positif tentang jok. Yaitu desainnya yang dianggap pas untuk tunggangan motor trail, sehingga pengendara tidak cepat terasa lelah, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Mesin
CRF150L hadir dengan mesin baru performa tinggi 150 cc SOHC air cooled PGM-FI yang diklaim sebagai mesin paling bertenaga di kelasnya. Ini dibuktikan para peserta ketika menggebernya di trek off road saat melakukan eksplorasi di alam bebas, torsinya terasa besar. Tenaga maksimum yang dihasilkan yakni 12,6 daya kuda @8.000 rpm dan torsi maksimum yakni 12,43 Nm @6.500 rpm. 

Ada sedikit catatan mengenai mesin, yaitu mesin yang terasa sedikit 'ngelitik'. Namun menurut perkiraan kami dan masukan dari komunitas Trabas (Trail Adventure Bandung Association), mesin yang terasa 'ngelitik' kemungkinan karena dari bahan bakar yang tidak sesuai oktan.

"Untuk ukuran motor trail standar pabrikan, All New Honda CRF150L secara keseluruhan sudah baik. Hanya perlu merubah pelek dengan ban yang lebih besar, jika ingin menerabas trek yang lebih ekstrim tinggal dimodifikasi sesuai selera. Apalagi motor ini sudah pakai injeksi," kata Jeffry Sigit, pendiri dan kordinator Trabas saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di kawasan Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/11/2017). 

Overall, hasil pembuktian All New Honda CRF150L di berbagai macam trek/lintasan, mulai dari trek aspal, bebatuan, tanah hingga trek off road, mendapat nilai plus dan mendapat acungan jempol. 

Penggunaan sistem injeksi yang pertama di kelasnya juga menjadi daya tarik tersendiri dan membuat CRF150L dilirik pecinta motor garuk tanah di Indonesia. Hal ini tentunya harus diwaspadai KLX150 untuk tetap menjadi rival sejati. Terlebih CRF150L menawarkan beragam fitur terbaru dan selisih harga yang tidak terlalu jauh.


(UDA)