Asia Road Racing Championship

Tim Merah Putih Kunci Gelar Juara AP250 ARRC

Ahmad Garuda    •    Minggu, 24 Sep 2017 19:40 WIB
balap motor
Tim Merah Putih Kunci Gelar Juara AP250 ARRC
Dominasi Gerry Salim sepanjang 2017 turut menyumbang poin yang besar buat klasemen tim. Honda

Metrotvnews.com, India: Tim balap asal Indonesia yaitu Astra Honda Racing Team (AHRT), mengunci titel gelar juara tim di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017. Mereka mengamankan titel juara itu di kelas Asian Production 250 (AP 250) di Madras Moto Race Track, Chennai, India (23-24/9/2017).

Pencapaian ini membuktikan kuatnya kemampuan tim balap Indonesia yang mampu bersaing dengan negara Asia lainnya. Total poin yang mereka raih kali ini adalah 216 poin, tim dengan kelir Merah Putih itu memiliki selisih 68 poin dengan tim terdekat yang tidak dapat terkejar lagi di sisa seri balap ARRC 2017.

Perolehan poin pada kategori tim di ajang ARRC ini merupakan hasil raihan poin tertinggi para pembalapnya di setiap pelaksanaan seri AP250. Tim ini diperkuat oleh 17 orang putra bangsa yang punya peran sebagai manager, pembalap, mekanik, engineer, dan supporting.

Sayangnya, Gerry Salim sang pembalap utama yang diplot meraih hasil bagus dan mengamankan selisih total poin dengan pembalap di urutan kedua klasemen sebanyak 50 poin, tak bisa berbuat banyak. Ia tak mampu meraih hasil bagus di race pertama dan hanya mampu finish ke lima di race kedua hari ini.

Alhasil Ia masih harus berjuang keras agar di seri berikutnya Ia masih bisa mengamankan titel juara Asia dengan meraih hasil yang kompetitif. Melalui pencapaian ini, Gerry masih mampu mempertahankan posisi pertama di klasemen sementara kelas AP250 dengan total poin 186, terpaut 38 poin dengan rival terdekatnya.    

“Di sesi race kedua, saya mencoba untuk beradaptasi dengan ban dan lintasan yang basah. Hingga melalui beberapa lap saya mulai percaya diri dan berusaha untuk terus memperbaiki posisi. Akhirnya saya harus puas finish di posisi ke-5,” ujar Gerry.  
   
Sementara itu jagoan nasional lainnya Rheza Danica yang turun di kelas AP250 hanya mampu mengamankan posisi finish di luar urutan 5 besar. “Kondisi cuaca yang berbeda dengan balapan kemarin membuat saya harus melakukan penyesuaian. Meski berupaya menyodok ke barisan depan, tapi hasilnya sudah maksimal seperti itu,” ujar Rheza.

Di kelas yang lebih tinggi yaitu Supersports 600, Irfan Ardiansyah, jadi andalan mereka. Pembalap Magetan itu finish di urutan ke-8 di race pertama dan di posisi ke-11 di race kedua.


(UDA)