Industri Otomotif

Motor Produksi Lokal, Patut Disebut Produk Nasional

Ekawan Raharja    •    Rabu, 14 Sep 2016 10:13 WIB
industri otomotif
Motor Produksi Lokal, Patut Disebut Produk Nasional
Sepeda motor produksi di Indonesia sudah memiliki kandungan komponen lokal 85 persen. MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia saat ini merupakan salah satu pusat industri sepeda motor dunia. Sayang, brand Jepang yang kuat, masih tetap dicap sebagai bukan produk dalam negeri. Padahal dari sisi kandungan lokal sudah cukup besar dan sudah layak disebut sebagai produk dalam negeri.

"Berdasarkan kesepakatan regional, sebuah sepeda motor bisa disebut produk dalam negeri bila kandungan komponen lokalnya mencapai 40 persen. Saat ini di sepeda motor produksi Indonesia kandungan komponen lokalnya sudah mencapai 85 persen," ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata, di Pulau Dua, Senayan, Jakarta.

Dia pun bahkan menyebutkan tidak ada negara yang bisa memproduksi sepeda motor dengan kandungan komponen lokal mencapai 100 persen. Disebutkan beberapa bahan dan komponen pasti masih ada yang di datangkan dari luar negeri.

"Kita ambil contoh saja Jepang, mereka tidak bisa membuat sepeda motor dengan kandungan komponen lokal mencapai 100 persen. Ini karena raw material tidak dimiliki oleh Jepang, dan beberapa komponen tidak bisa di produksi secara masal di Jepang.

Ketidakmampuan untuk memproduksi sebuah komponen masal, bukan karena kita tidak bisa, namun lebih karena faktor skala ekonomis. "Di Indonesia, jarum spidometer masih kita datangkan dari luar negeri. Kalau kita produksi di Indonesia, pasti skala ekonomisnya tidak tercapai. Perlu investasi yang besar tapi permintaanya tidak sepadan, belum lagi bersaing dengan industri jarum spidometer yang lebih besar, pasti kita kalah."

Tapi di satu sisi, produk sepeda motor di Indonesia masih di labeli dengan merek nama dari Jepang. Namun Gunadi menilai bahwa itu bisa diambil manfaatnya dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi sepeda motor.

Bahkan beberapa pabrik sepeda motor di Indonesia sudah menjadi basis produksi untuk produk global. Sebut saya Yamaha Indonesia dengan NMAX, R-25, atau MT-03 dan Honda Indonesia yang menjadi basis produksi CBR250RR.

Ketika di singgung dengan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, dia berharap ajang ini menjadi ajang yang tepat untuk mengedukasi industri sepeda motor di Indonesia. "Saya berharap ajang ini bisa mengedukasi seperti GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS)."


(UDA)