Penjualan Motor Nasional

AISI Koreksi Target Tahun ini Jadi 6 Juta Unit

Ekawan Raharja    •    Jumat, 09 Sep 2016 08:23 WIB
industri otomotif
AISI Koreksi Target Tahun ini Jadi 6 Juta Unit
AISI lakukan koreksi target karena kondisi ekonomi yang belum membaik. Doc MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) melakukan koreksi target penjualan sepeda motor di 2016. Kini target penjualan sepeda motor di angka 6 juta unit yang sebelumnya ditetapkan 6,2 juta unit.

Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata, mengambil langka ini lantaran kondisi ekonomi yang masih lesu. Tak bergairahnya kondisi ekonomi akibat perekonomian global yang juga dalam kondisi lesu.

Jika melihat data penjualan AISI, hingga Agustus 2016 mereka hanya berhasil menjual 3.983.557 unit. Angka ini terbilang menurun jika dibandingkan periode yang sama di 2015 yang mencapai 6.708.384 unit.

Gunadi menyebutkan dominasi masih di pegang skuter matik (skutik) hingga 72 persen. Namun semua mengalami penurunan, terutama model CUB (bebek) yang paling signifikan.

"Kami yakin semester kedua ini target 6 juta unit tercapai. Harus optimistis, seiring dengan berbagai hal yang mendukung ke arah lebih baik," ujar Gunadi di Pulau Dua, Senayan, Jakarta Kamis (8/9/2016).

Salah satu optimisme pria paruh baya tersebut hadir dari kesepakatan G20 (Kelompok Dua Puluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral) untuk melakukan perbaikan ekonomi. Diharapkan hasil pertemuan G20 akan menaikkan daya beli dan industri.

Selain itu, Gunadi juga menekankan ada beberapa hal yang akan mendukung perbaikan ekomoni di Indonesia. Seperti kebijakan tax amnesty dan perbaikan infrastruktur.


(UDA)