Arai Edisi Khusus untuk Penggemar NSR250

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 25 Aug 2016 14:40 WIB
perlengkapan berkendara
Arai Edisi Khusus untuk Penggemar NSR250
Arai edisi khusus NSR250, sayang tak ada keterangan harga dan dijual dimana. Motorival

Metrotvnews.com: Honda NSR KV3 atau NSR250 adalah motor sport tulen bermesin dua tak yang legendaris. Selain modelnya yang sporty, motor ini juga dikenal kencang. Motor ini pertama kali dikenalkan tahun 1986, tepatnya pada 12 September.

Terdapat beberapa model NSR250 yakni MC16, MC18, MC21 dan MC28 yang jadi model terakhir pada 1999. Menyambut kehadirannya 30 tahun lalu, Arai hadir dengan edisi khusus untuk penggemar NSR250. Mereka merilis helm dengan grafis khusus, dengan warna dominan putih, hitam dan merah.

Helm ini berbasis dari model flagship Arai, yakni RX-7X yang mendapat  improvisasi pada 5 bagian, agar lebih nyaman, aman, aerodinamis dan unggul dibandingkan pendahulunya.

Pertama adalah dudukan visor (kaca) helm yang kini dibuat lebih rendah 24 mm, untuk memberikan permukaan shell (batok helm) yang lebih luas. Tujuannya agar ketika terjadi benturan, energinya lebih banyak diserap dan tak merambat ke otak pengguna.

Lalu sidepod (penutup dudukan visor) memiliki dimensi lebih kecil dan berada pada posisi di luar zona kritis. Zona kritis ini diidentifikasi oleh pihak Snell Research Foundation Amerika.

Kemudian adanya pengunci visor ala helm balap Formula One, yang terletak pada sisi kiri helm. Lalu sepasang diffuser pada bagian atas helm dibuat lebih panjang 20 mm dari RX-7GP. Fungsinya meningkatkan aliran udara agar lebih aerodinamis pada kecepatan tinggi.

Bagian keempat adalah bentuk batok helm yang benar-benar baru yang lebih ringan 30 gram. Terakhir adalah ketebalan busa helm yang berbeda-beda untuk kenyamanan, dan akan menyesuaikan bentuk kepala penggunanya.

Sayangnya tak ada harga resmi untuk helm edisi khusus tersebut, seperti dituliskan Motorival. Namun harga helm yang sama untuk pasar Indonesia di kisaran Rp7 sampai Rp9 jutaan.


(UDA)