Industri Otomotif

Senjata KTM Melawan Dominasi Pabrikan Jepang

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 11 Jun 2017 10:21 WIB
ktm
Senjata KTM Melawan Dominasi Pabrikan Jepang
New Duke 250 punya styling body ala Duke R 1290. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pabrikan otomotif asal Jepang sudah sangat kuat menancapkan kukunya di dunia otomotif Indonesia. Penjualan motor-motor disegmen sport pun dikuasai Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki saat ini.

KTM lewat PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) hadir dengan produk motor KTM berkubikasi mesin kurang dari 400 cc, merasa percaya diri bisa meladeni dominasi pemain Jepang. Mereka percaya diri karena punya senjata ampuh yang jadi nilai jual produknya.

"Lihat naked bike kami berbeda, soal desain kami yakin motor ini keren dan banyak disukai konsumen Indonesia. Apalagi produk kami sudah Euro4, sementara pemain Jepang masih Euro3," kata Kristianto Goenadi, President Director PJLM di JIExpo, Kemayoran, Jakarta beberapa hari lalu.

Selain itu, merek dan asal pabrikan juga menjadi nilai jual lainnya. "Brand ini dari Eropa dengan banyak gelar juara dunia di berbagai ajang balap," lanjutnya.

Hal yang tak ketinggalan adalah soal harga, New Duke 250 ditawarkan dengan harga Rp45,9 juta dan Rp48,9 juta (ABS). Harga termurah untuk naked bike sekelas semacam Kawasaki Z250 Rp53,9 juta, Z250SL Rp 42,1 juta atau Yamaha dengan MT-25 yang berbanderol Rp47,1 juta.

PJLM mulai menjual KTM, khususnya bermesin di bawah 400 cc sejak GIIAS 2016 lalu. Kala itu harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga sebelumnya, karena harga tersebut harga untuk unit CKD, yang pabriknya sendiri sedang dalam proses di Gresik, Jawa Timur.


(UDA)