Dakar Rally 2018

Yamaha Revisi WR450F Rally agar Kompetitif

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 05 Jan 2018 13:21 WIB
yamahadakar rally
Yamaha Revisi WR450F Rally agar Kompetitif
Yamaha lakukan revisi besar terhadap WR450F Rally agar bisa tampil kompetitif. Asphalt@Rubber

Schiphol-Rijk: Lewat Yamaha Motor Europe, pabrikan Jepang ini kembali mengikuti Dakar Rally 2018 dengan WR450F Rally. Tahun ini kuda besi andalan mereka mendapatkan revisi besar.

Motor berbasis WR450F yang ditunggangi empat rider yakni Xavier de Soultrait, Adrien Van Beveren, Franco Caimi dan Rodney Faggotter ini, diperkuat dan diracik khusus untuk punya karakteristik performa tinggi dengan daya tahan ekstrim.

Dibangun menggunakan rangka alumunium dengan tipe semi double cradle, motor ini punya bobot basah 162 kg. Suspensinya mengandalkan Kayaba, kemudian lengan ayun alumunium yang dibuat lebih panjang untuk menjaga kestabilan.

Soal dimensi, motor ini punya ukuran panjang 2.185 mm, lebar 845 mm dan tinggi 1.290 mm. Tinggi jok 975mm dan ground clearance minimal 325 mm. Tangkinya bisa menampung 33 liter bahan bakar.

Mesinnya silinder tunggal, pendingin cairan, DOHC, 4 valve dengan kapasitas 449 cc. Sejumlah komponen internal mesin dikembangkan oleh GYTR, ECU khusus dan mesin ini diperkuat knalpot Akrapovic titanium.

Sayangnya tim dengan nama resmi Yamalube Yamaha Official Team ini masih berada dibawah bayang-bayang KTM dan Honda. Meski prestasinya tak begitu buruk diajang ini.


(UDA)