Asia Cross Country Rally

Berhasil Finish, Indonesia Dapat Penghargaan AXCR 2016

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 21 Aug 2016 11:44 WIB
balap motor
Berhasil Finish, Indonesia Dapat Penghargaan AXCR 2016
Wakil Indonesia tunjukkan semangat dan sikap respek terhadap perserta lain. Ist

Metrotvnews.com, Kamboja: Pereli Furukawa Battery Indonesia yang mengikuti Asia Cross Country Rally (AXCR), Rudy Poa dan Kadex Ramayadi akhirnya menuntaskan perjuangan mengikuti reli lintas negara, usai mengikuti leg pamungkas di kawasan wisata Angkor Wat, Kamboja (19/8/2016).

Pada leg pamungkas atau keenam yang berlangsung di kawasan Roka Kombut hingga Phnom Bok, Rudy Poa menduduki posisi 30 dan Kadex Ramayadi di urutan ke-36. Mereka harus berjibaku di Special Stage (SS) mulai dari sungai, jalanan tanah berundak sepanjang 51,40 km.

Tak pelak perjuangan mereka cukup berat menaklukan medan tersebut dan dilanda kendala teknis seperti dialami Kadex. Pereli asal Bali itu, mengalami mati mesin sementara Rudy Poa ikut menolong peserta lain yang tersungkur dan sempat keluar dari jalur.

Hasil yang diraih keduanya mendudukan mereka di klasemen Moto Class dari mulai leg pertama hingga leg terakhir yakni Rudy Poa di posisi ke-23 dan Kadex Ramayadi urutan ke-36. Ekspektasi awal yang akhirnya menjadi terbalik karena Rudy justru bisa tampil lebih baik dan beralih peran sebagai pereli utama, sedangkan Kadex pembalap pendukung.

Tim Furukawa Battery Indonesia pun mendapat anugerah berupa special award ‘Spirit Award’, karena semangatnya yang pantang menyerah dan juga ada nilai respek terhadap peserta lain yang tertimpa musibah. 

"Akhirnya kami bisa menuntaskan AXCR 2016. Tentunya bangga meraih Special Award. Banyak pelajaran yang kami ambil dari reli tahun ini mulai dari bagaimana menyiapkan motor dan spare part, penguasaan navigasi termasuk strategi di jalur," ujar Rudy.

Pemenang AXCR 2016 akhirnya diraih pereli Thailand, Jakkrit Chawtale yang secara konsisten mampu mengumpulkan waktu terbaik di antara para pesaing dari Jepang, Korea, Swedia dan Kamboja. Sementara di kategori tim, Furukawa Battery Jepang dengan trio pembalapnya Yoshio Ikemachi, Keisuke Maeda dan Tadao Ezure menyisihkan rombongan Rally Raid Swedia.


(UDA)