Motor Unik

The Egli-Vincent 1968 Racer, Masuk Pasar Lelang

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 18 Sep 2016 20:39 WIB
motor unik
The Egli-Vincent 1968 Racer, Masuk Pasar Lelang
The Egli-Vincent 1968 garapan Patrick Godet. Silodrome

Metrotvnews.com: The Egli-Vincent sudah dikenal sejak pertama kali dikembangkan pada pertengahan 1960-an, bahkan nama besarnya sekarang hampir menyaingi marque Vincent sang pendiri. Sepeda motor yang dikembangkan oleh Franz Egli asal Swiss, awalnya hanya diperuntukan sebagai motor balap yang ia pakai untuk testbed eksperimen.

Berbeda dengan motor aslinya, yaitu Vincent blackshadow yang punya mesin lebih besar, namun memiliki kelemahan pada bagian frame (bingkai) yang kecil. Sehingga kekuatan pegangan mesin tidak ideal, untuk sebuah motor yang mampu berlari dengan kecepatan lebih dari 200 km per jam.

Frame yang dimaksud adalah sasis tipe backbone yang berfungsi sebagai dudukan mesin yang menggunakan tipe V-twin. Untuk itu Franz punya ide melakukan perubahan dan menggantinya dengan yang lebih tebal, agar mengurangi dan menghilangkan getaran mesin ke seluruh bodi.

Tidak sia-sia, perubahan tersebut ternyata membawa kemenangan sepeda motor Vincent di Swiss Hill Climb Championship pada 1968. Tidak lama setelah itu, Franz dibanjiri pesanan dari pemilik Vincent yang minta dibangun menggunakan frame baru, agar mendapatkan pefroma lebih baik, bagi sepeda motor mereka yang sekarang berusia lebih dari 20 tahun.

Beberapa bagian telah disempurnakan menggunakan teknik bingkai baru, Patrick Godet salah satu yang terlibat untuk mengambil alih perubahan jubah Egli, dan terus membuat frame untuk spesifikasi ini yang lebih baru. Untuk menjaga kualitas, hasil pengerjaan diperiksa langsung oleh Franz dan Patrick, dan harus mendapat persetujuan resmi dari mereka untuk membangun Egli frame.

Versi kali ini adalah sepeda motor The Egli-Vincent 1968 karya Patrick Godet dan tim kecilnya, yang diselesaikan pada 2004, dan masih menggunakan mesin dan transmisi aslinya. Karya ini diklaim sebagai salah satu literasi terbaik dari Egli-Vincent yang pernah dibuat. Dengan setengah fairing, jok tunggal, dan drum depan yang besar memberikan proporsi yang sempurna untuk balap vintage.

Rancananya, motor ini akan dilelang oleh Bonhams pada 16 September dengan perkiraan nilai antara 25.000 Poundsterling-30.000 Poundsterling (sekitar Rp425 juta-Rp510 juta).


(UDA)