Lalu Lintas

Alasan Emak-Emak Biasa Sein Kanan Belok ke Kiri

Ekawan Raharja    •    Jumat, 06 Oct 2017 16:16 WIB
lalu lintas
Alasan Emak-Emak Biasa Sein Kanan Belok ke Kiri
Polisi siap untuk bergabung ke acara yang melibatkan ibu-ibu dan memberikan penyuluhan tentang berkendara yang baik dan benar. Doc MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Indonesia masih banyak pengendara yang tidak patuh berlalu lintas, khususnya pengendara sepeda motor. Bahkan untuk pengendara sepeda motor dari kaum ibu-ibu atau emak-emak. Tak heran jika lahir kesan emak-emak naik sepeda motor sein ke kanan dan beloknya ke kiri.

Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, AKBP Aldo Siahaan S.IK., mencoba menarik kesimpulan ibu-ibu merupakan orang yang paling sibuk. Saking sibuknya, banyak ibu-ibu yang mengabaikan peraturan lalu lintas di jalanan.

"Emak-emak itu adalah orang yang paling sibuk dan mengerti kebutuhan rumah. Bayangkan pagi-pagi dia membeli sarapan, setelah itu antar anak, lalu pulang, lanjut ke pasar lagi buat siapkan makan siang. Masih pakai daster loh dia, padat banget kegiatannya. Mungkin karena itu dia buru-buru dan mengabaikan aturan lalu lintas," kata AKBP Aldo Siahaan saat ditemui di Meradelima Jakarta.

Tentu pihak kepolisian tidak diam saja dengan adanya stigma negatif tentang ibu-ibu yang mengendarai sepeda motor. Kepolisian Indonesia siap untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu, mulai dari peringatan hingga sosialisasi.

"Untuk mengerti berkendara yang baik dan benar dan tertib berlalu lintas, mereka harus mendapatkan informasinya. Tidak apa-apa sesekali Polisi gabung ke arisan ibu-ibu," ucapnya.

Menurut data Kepolisian Indonesia, periode April-Juni 2017 sudah tercatat kecelakaan lalu lintas mencapai 25 ribu kejadian. Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan.


(UDA)