Balap Motor

Aksi Memukau Pembalap Nasional di Ajang Dunia

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 19 Mar 2018 11:08 WIB
balap motor
Aksi Memukau Pembalap Nasional di Ajang Dunia
Mario tampil memukau pada race pertama ATC. AHM

Doha: Bersamaan dengan gelaran seri pembuka MotoGP 2018, juga berlangsung Asia Talent Cup (ATC) 2018. Di sini Indonesia punya lima wakil pembalap muda yang tampil pada dua race yang berlangsung akhir pekan kemarin. Kemudian tiga pembalap nasional juga sedang menjalani sesi tes bersama di Motorland Aragon dan punya potensi besar untuk tampil bagus.

Mario Suryo Aji paling mendapatkan sorotan, bocah satu ini mengamankan posisi kedua, dengan selisih sangat tipis 0,034 detik dari juara pertama, Haruki Noguchi, yang merupakan rider asal Jepang.

Sedangkan rider Indonesia lainnya Adenanta Putra, Afridza Munandar, serta Agung Fachrul mengisi posisi lima, enam dan delapan, pada race pertama.

Pada race kedua esoknya lebih sulit, kondisi trek yang panas dengan angin kencang jadi hambatan tersendiri. Tak seperti race pertama, Mario harus duel lebih ketat pada race kedua dengan beberapa pembalap.

"Strategi berjalan baik, dan saya bisa memimpin dipertengahan balap, tapi gagal mempertahankan posisi dari kejaran rider lain," ujar Aji mengomentari race kedua.

Sementara di ajang balap World Supersport 300, tiga wakil Indonesia sedang menjalani sesi tes resmi di Aragon sejak akhir pekan lalu. Mereka adalah Galang Hendra Pratama, Imanuel Putra Pratna dan terakhir adalah Ali Adrian Rusmiputro.

Meski tak ada detail catatan lap tercepat yang dirilis penyelenggara, namun menurut Imanuel Pratna, catatan waktu mereka cukup positif. Namun belum tahu secara detail antara pembalap, karena memang tes ini untuk asal feeling lebih dahulu.

Tentu hasil ini merupakan permulaan yang bagus untuk rider-rider muda Indonesia. Semoga pada race berikutnya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.


(UDA)