Tips Knowledge

Hindari Riding saat Banyak Pikiran

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 25 May 2018 09:06 WIB
tips knowledge
Hindari Riding saat Banyak Pikiran
Riding perlu konsentrasi lebih. Sportster Indonesia

Jakarta: Berkendara sepeda motor membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar tetap aman di jalan. Konsentrasi yang dibutuhkan pengendara sepeda motor adalah lima kali lipat lebih besar dibanding dengan pengendara mobil.

Chief of Trainer Rifat Drive Labs, Herry Wahyudi menjelaskan, banyak hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Untuk itu Ia menyarankan agar tidak berkendara saat stress atau banyak pikiran.
 
"Jangan sekali-kali berkendara saat banyak pikiran, mengantuk, atau sambil menggunakan handphone itu berbahaya," kata Herry saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bahkan, menurutnya tak sedikit orang yang berusaha melepaskan stres dengan cara naik motor, seperti melakukan turigng. "Jika niat turing untuk melepaskan stres sebaiknya ditunda. Baiknya lepaskan dulu stres dan lebih rileks sebelum turing."

Herry mengingatkan, bahwa mengendarai motor menghadapi banyak bahaya dan harus dewasa saat berkendara. Jangan sampai terlupa, gunakan atribut berkendara lengkap. 

Gunakan perlengkapan yang punya standar keselamatan bagus, seperti helm full face, masker penahan debu, jaket kulit/tebal, dan jas hujan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.
 
Sebaiknya istirahat yang cukup dan konsentrasi, berhenti setelah menempuh jarak 2 jam perjalanan, untuk menghindari kelelahan, dehidrasi, mengantuk, serta penting untuk kembali meningkatkan konsentrasi. 


(UDA)