Industri Otomotif

JAFTA Berlaku, Harga Motor Jepang di Eropa Bisa Murah

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 20 Jul 2018 10:09 WIB
industri otomotif
JAFTA Berlaku, Harga Motor Jepang di Eropa Bisa Murah
Harga motor asal Jepang di Eropa bisa lebih murah. Atimes

Tokyo: Pihak Jepang dan Uni Eropa akhirnya menyepakati berlakunya JAFTA (Japan Europe Free Trade Agreement). Hal ini berlaku secara keseluruhan, termasuk untuk industri roda dua disana.

Dengan kelonggaran pajak ekspor-impor, maka harga jual motor-motor impor dari Jepang dengan berbagai model bisa lebih murah. Penurunannya bisa sampai 1.000 euro (Rp16,6 jutaan) untuk motor jenis superbike, seperti ditulis Asphalt and Rubber.

Tarif pajak akan berkurang 8% untuk motor kurang dari 250 cc, motor lebih dari 250 cc berkurang 6%, termasuk juga pajak untuk komponennya yang bisa berkurang 3,7 persen atau dibebaskan dari pajak.

Selain itu, JAFTA akan membantu penyesuaian standar emisi kendaraan antara Eropa dan Jepang. Kedua wilayah ini akan punya kriteria standar emisi yang sama, hal ini memberikan efek positif untuk industri sepeda motor di Jepang.

Untuk pabrikan motor, hal ini juga kabar yang sangat menyenangkan. Penyesuaian standar emisi membuat biaya untuk menyesuaikan homologasi standar emisi jadi lebih murah.


(UDA)