Industri Otomotif

MV Agusta F3 jadi Supersport Pertama Pakai IMU

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 20 Jul 2018 06:14 WIB
mv agusta
MV Agusta F3 jadi Supersport Pertama Pakai IMU
MV Agusta F3 akan jadi supersport pertama yang pakai IMU. Asphaltandrubber

Varese: Inertial measurement unit (IMU) adalah piranti lunak canggih yang bisa digunakan pada motor-motor superbike. Komponen ini juga mengendalikan banyak fitur seperti traction control, wheelie control dan banyak lagi.

MV Agusta pun membuat gebrakan dengan rencananya untuk menggunakan komponen tersebut, untuk motor supersport mereka yakni F3. Hal ini diungkapkan usai rencana pabrikan motor Italia itu menjejalkan fitur traction control untuk F3.

Mereka memang akan melakukan update untuk model F3 2019, dan komponen elektrikal jadi salah satu fokusnya. Pemasangan IMU pada supersport tersebut jadi salah satu hal penting, karena akan ada sejumlah fitur yang mengikuti.

Pabrikan bermarkas di Varese itu akan mengusung cornering ABS dan slide control, selain traction control tadi. Ya, F3 akan jadi supersport paling canggih nantinya.

Sebelumnya Yamaha YZF-R6 terbaru sudah pakai traction control, tapi tak diikuti dengan penggunaan IMU. Motor ini sendiri merupakan pemimpin penjualan pada segmen motor supersport.

Dengan sejumlah info terbaru akhir-akhir ini, hal tersebut sekaligus menepis anggapan kalau supersport akan mati, terlebih pemain disegmen ini masih banyak, dari brand Jepang dan Eropa.


(UDA)