Motor Konsep

Rekayasa Desain Motor Koenigsegg, Mirip Lotus C-01

Ahmad Garuda    •    Kamis, 01 Jan 2015 09:45 WIB
motor konsep
Rekayasa Desain Motor Koenigsegg, Mirip Lotus C-01
Rekayasa desain motor Koenigsegg yang dilakukan Burov Art. Diseno-Art

Metrotvnews.com: Koenigsegg adalah manufaktur mobil super asal Swedia yang punya komitmen besar pada performa kendaraan. Tapi sepertinya mereka juga punya passion khusus dalam industri kendaraan roda dua. Buktinya ada rekayasa desain sepeda motor yang muncul di internet dengan logo Koenigsegg.

Tentu kita belum bisa mengambil kesimpulan bahwa ini adalah benar desain yang direkayasa atas perintah langsung dari manufaktur mobil super itu. Namun jika melihat secara detail, motor ini memiliki filosofi desain yang mirip dengan mobil-mobil super dari manufaktur Koenigsegg.

Sayangnya, rekayasa desain tersebut sangat mirip dengan Lotus C-01 motor konsep dari Lotus Motorcycle di EICMA (Milan Motor Show) tahun 2013 lalu. Meski tidak persis, namun dari sisi tampilan tidak berbeda jauh.

Perbedaan yang paling besar terlihat pada trail & rake angle. Kemudian model jok yang bagian dalamnya menekuk sebelum naik ke tangki motor. Modelnya seperti Cafe Racer termasuk buritan yang sedikit membulat. Pada Lotus C-01, bagian tangki bbm dengan jok motor terlihat nyambung sampai ke buritan.

Pembeda lainnya adalah bagian saluran pembuangan alias knalpot. Pada Lotus C-01 saluran pembuangannya terletak pada bagian bawah footstep. Sementara di Koenigsegg memilih bagian bawah jok yang keluar di bagian belakang. Belum ada kejelasan apakah motor ini akan diproduksi atau hanya desain konsep saja.


(UDA)