Balap Motor

Suzuki dan Aprilia Tes Fairing Baru di Philip Island

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 17 Feb 2017 10:38 WIB
motogp
Suzuki dan Aprilia Tes Fairing Baru di Philip Island
Fairing baru Suzuki mirip milik Yamaha. Crash

Metrotvnews.com: Dengan dilarangnya penggunaan winglet mulai musim balap 2017, tim-tim balap MotoGP melakukan riset untuk mensiasatinya. Hasilnya adalah beberapa tim menggunakan fairing dengan desain baru yang lebih lebar.

Setelah Yamaha yang menjajalnya lebih dulu pada tes di Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu, kali ini giliran Suzuki dan Aprilia yang melakukannya di Philip Island, Australia kemarin, 16 Februari 2017. Tentu tujuan utamanya untuk tetap mendapatkan downforce lebih baik.

Fairing Suzuki GSX-RR mirip dengan Yamaha, dimana fairing dibuat menggembung, dan dibagian itu terdapat sirip kecil. Pihak Dorna selaku penyelenggara MotoGP sendiri sudah memutuskan penggunaan fairing dengan model seperti ini sah.

Sedangkan Aprilia punya bentuk yang sedikit berbeda. Bukan disisi fairing, namun bagian yang menggembung justru berada dibagian depan. Bentuknya justru nampak seperti lubang udara yang berada dikedua sisi motor.

Dilarangnya winglet sendiri lantaran dianggap membahayakan pembalap lain dan rawan tersenggol ketika tengah bertarung ketat. Ducati sendiri sebagai pelopor penggunaan winglet, sudah mendesain ulang fairingnya namun tak seperti yang dilakukan Yamaha, Suzuki dan Aprilia.


(GUS)