Manufaktur Motor MotoGP Tolak Alat Komunikasi di Dashboard

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Sep 2016 10:15 WIB
motogp
Manufaktur Motor MotoGP Tolak Alat Komunikasi di <i>Dashboard</i>
Pit board jadi alat komunikasi tim dengan pembalap. MCnews

Metrotvnews.com: Beberapa waktu lalu sempat didengungkan kabar kalau MotoGP akan dipasangi alat komunikasi antara pembalap dengan tim yang berada di pitbox. Namun petinggi pabrikan yang mengurusi MotoGP tak yakin dan merasa hal itu tidak perlu.

Penyelenggara MotoGP, Dorna, akhir tahun lalu sempat mengembangkan sistem yang disebut 'virtual boarding'. Alat ini berfungsi untuk menampilkan pesan yang disampaikan tim kepada pembalapnya.

Alat ini kabarnya akan diujicoba September ini setelah seri Aragon, Spanyol berlangsung. Antara Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso, dua nama yang dikatakan bakal menjajal alat ini, seperti dituliskan Autosport.

Tapi bos dari Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki nyaris tak ada keyakinan dengan alat ini. Alasannya? Tak sejalan dengan balap sepeda motor yang sudah ada saat ini.

"Di MotoGP, sekali balapan sudah mulai, komunikasi hanya dari pit board. Semua keputusan ada di tangan pembalap. Terkadang memang tak bagus untuk Yamaha tapi terkadang membuat balapan leih baik," papar bos Yamaha, Kouichi Tsuji.

Sedangkan bos Honda, Shuhei Nakamoto dan Ducati, Gigi Dall'Igna lebih berat ke arah dana. "Formula 1 punya sistem telemetri dan komunikasi, sistem ini banyak membantu tapi di satu sisi biayanya besar," kata Nakamoto.

Sementara menurut Gigi, komunikasi antara tim dan pembalap memang penting, khususnya saat balapan flag to flag. "Tapi kalau boleh jujur, saya lebih suka dana yang ada untuk mengembangkan sepeda motor," ungkapnya.


(UDA)