Klub dan Komunitas

Komunitas Otomotif Konvoi Rayakan Hari Batik Nasional

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 03 Oct 2016 08:57 WIB
klub motor
Komunitas Otomotif Konvoi Rayakan Hari Batik Nasional
Komunitas motor dan mobil konvoi keliling Jakarta peringati Hari Batik Nasional 2016. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia, sebagai pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Wajar jika bangsa Indonesia berbangga hati karena memiliki warisan budaya yang diakui oleh dunia.

Untuk itu, penetapan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober ini dirayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai macam cara. Seperti yang dilakukan komunitas sepeda motor dan mobil di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (2/10/2016). Mereka menggelar konvoi ratusan kendaraan bermotor keliling Jakarta.

Kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional

Rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak 1-3 Oktober 2016, tidak hanya dimeriahkan oleh komunitas otomotif saja, melainkan melibatkan banyak pihak. Di antaranya komunitas batik, komunitas Line Dance, termasuk berbagai unsur lapisan masyarakat. Acara yang berlangsung meriah di Grand Hall Thamrin City ini diisi dengan beragam kegiatan. Seperti kelas membatik, fashion show on the street dan aksi sosial donor darah.

Menurut Assisten Manager PR & Promotion Thamrin City Heri Triyanto, tujuan diadakannya serangkaian kegiatan memperingati Hari Batik Nasional 2016, untuk mengenalkan lebih dalam tentang batik. Kemudian melakukan edukasi lebih dini kepada anak-anak. Serta menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap batik.

"Sebagai pusat batik terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, kami sangat mendukung kegiatan positif seperti ini. Karena ini merupakan salah satu perwujudan, rasa cinta dan kebanggaan masyarakat kepada bangsa dan negaranya," ucap Heri, di Jakarta, yang ikut dalam rombongan konvoi komunitas.


(UDA)