Peristiwa Unik

Indahnya 'Kuburan' Norton dan BSA di Laut Merah

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 19 Feb 2018 08:13 WIB
peristiwa unik
Indahnya 'Kuburan' Norton dan BSA di Laut Merah
Bangkai motor tergeletak di atas bak truk. Tobias Friedrich

Frankfurt: SS Thistlegorm merupakan kapal perang angkatan laut Inggris yang dibangun pada 1940 oleh Joseph Thompson dan anaknya di Sunderland, Inggris. Kapal ini tenggelam pada 6 Oktobe 1941 di sekitar Laut Merah saat dalam perjalanan dari Norwegia menuju Mesir.

Kapal yang membawa komponen pesawat terbang, senjata, amunisi dan banyak truk militer termasuk motor Norton dan BSA itu karam usai dihajar dua pesawat pengebom Jerman dan meledakkan amunisi yang dibawanya.

Menariknya usai karam sekitar 77 tahun lalu itu, kapal yang tenggelam di perairan Ras Muhammad itu, jadi lokasi diving favorit. Seorang fotografer Jerman, Tobias Friedrich pun mengabadikan dek kapal tersebut.

Pada foto karyanya, terdapat sejumlah motor Norton 16H dan motor BSA yang tak diketahui jenisnya. Terdapat setidaknya enam motor yang berada didua truk militer. Kapal itu ibarat kuburan massal bagi motor-motor tersebut.

"Akhirnya saya melihat sendiri dan terekam pada ingatanku. Motor-motor ini tergeletak dengan rapi. Namun saya hanya bisa mendapatkan sedikit foto motor ini karena dekat dengan dinding, saya tak bisa mundur untuk menangkap semua area," kata Friedrich.

Karam sejak 77 tahun lalu tentu motor-motor ini sudah tak terlihat jelas. Banyak bagian yang sudah tertutupi terumbu karang dan berkarat, bangkai motor-motor ini pun sudah menjadi rumah untuk biota laut.


(UDA)