Penjualan Motor

Penjualan Jeblok, Bagaimana Nasib Megapro dan Byson?

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 22 Feb 2018 11:51 WIB
penjualan motor
Penjualan Jeblok, Bagaimana Nasib Megapro dan Byson?
Honda Mega Pro FI mulai menurun peminatnya. Honda

Jakarta: Penjualan motor sport 150 cc yakni Honda Mega Pro dan Yamaha Byson semakin terpuruk. Motor yang bersaing ketat saat muncul pertama tahun 2010 itu kini melempem.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Mega Pro hanya terdistribusi 204 unit saja pada Januari lalu, sedangkan Yamaha Byson hanya dua unit saja. Dengan kondisi seperti ini, apakah kedua produk itu akan segera discontinued? 

"Saat ini kami belum bisa umumkan apakah Mega Pro discontinued atau tidak. Kami tunggu respon pasar soal CB150 Verza," kata President Director PT Astra Honda motor, Toshiyuki Inuma.

Sementara untuk Byson, generasi kedua ini tak mampu meneruskan penjualan gemilang generasi pertama. Motor dengan desain big bike look ini semakin melempem.

Desain generasi kedua kurang disukai konsumen. Meski begitu motor ini masih akan terus lanjut diproduksi sesuai permintaan. Menariknya kami mendapat info jika pihak Yamaha mulai menarik kembali unit Byson.

"Mulai ditarik sama Jepangnya, dan ini kaitannya sama motor trail 150 cc Yamaha yang memang lagi dikembangkan," ujar sang sumber internal yang tak mau disebutkan namanya.

Apakah artinya Byson akan segera disuntik mati dan jalur produksinya diganti untuk calon motor trail 150 cc? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.


(UDA)