Teknologi Mesin

BMW Motorrad Sematkan Mesin 1.250 cc di Motor Petualangnya

Ekawan Raharja    •    Rabu, 19 Sep 2018 15:01 WIB
teknologi otomotif
BMW Motorrad Sematkan Mesin 1.250 cc di Motor Petualangnya
BMW R 1250 GS memiliki desain yang mirip dengan R 1200 GS. BMW Motorrad

Jerman: BMW Motorrad akhir merilis mesin 1.250 terbaru mereka. Nantinya mesin ini akan digunakan untuk model adventure mereka R 1250 GS dan R 1250 RT.

Tidak sekadar menambah kubikasinya saja, namun pabrikan asal Jerman tersebut juga menambahkan sejumlah fitur baru. Di mesin flat boxer ini dibekali dengan fitur BMW ShiftCam Technology.

Fitur ini merupakan teknologi variable valve yang memungkinkan variasi timing katup dan stroke katup di sisi intake. Selain itu, camshafts intake dirancang untuk membuka secara bergantian dari dua katup intake, menghasilkan campuran udara yang lebih baik untuk pembakaran lebih efektif.

Perubahan teknis lainnya berhubungan dengan camshaft drive yang sekarang dijalankan oleh rantai bergigi (sebelumnya tipe roller chain). Efeknya pasokan oli yang dioptimalkan, katup injeksi kembar-jet dan sistem pembuangan baru.

Aplikasi teknologi ini tentu untuk meningkatkan tenaga di setiap lini perputaran mesin. Selain itu meningkatkan kualitas emisi gas buang serta efisiensi pembakaran menjadi tujuan wajib.

Nantinya mesin baru ini akan memuntahkan tenaga 134 daya kuda dan torsi 143 nm. Jelas tenaga ini lebih kuat dari pada mesin 1.200 yang digunakan oleh BMW Motorrad R 1200 GS sekarang.

Membahas sedikit kedua motor baru tersebut, kenyamanan berkendara akan makin nikmat berkat fitur dua mode berkendara, ASC, dan Hill Start Control. Serta fitur opsional Riding Modes Pro, featuring additional riding modes, Dynamic Traction Control DTC, ABS Pro, Hill Start Control Pro dan Dynamic Brake Assistant (DBC).

Ada kemungkinan R 1250 GS dan R 1250 RT akan tampil di EICMA 2018. Jikapun muncul, keduanya akan menjadi lawan yang sepadan untuk Ducati Multistrada 1260, KTM Adventure 1290, dan Triumph Tiger 1200 yang bersaing di segmen yang serupa.


(UDA)