Industri Otomotif

Vespa Elettrica Segera Masuk Lini Produksi

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 29 Aug 2018 07:20 WIB
vespapiaggio
Vespa Elettrica Segera Masuk Lini Produksi
Vespa Elettrica akan segera masuk lini produksi. Vespa

Pontedera: Bulan September akan menjadi bulan bersejarah bagi Piaggio Group, pasalnya mereka akan mulai memproduksi Vespa Elettrica, yang merupakan skuter listrik yang sudah dipamerkan sejak beberapa tahun lalu.

Sebelumnya skuter listrik ini direncanakan masuk lini produksi pada akhir 2017 lalu. Namun Piaggio harus menundanya, hingga bulan September 2018 mendatang.

Bicara soal Vespa Elettrica, desainnya sedikit banyak mirip dengan model Primavera. Bodi, lampu, dasi, lamp sein hingga pelek yang diusungnya mirip dengan versi mesin konvensional tersebut.

Bicara motor listrik yang diusungnya, outputnya terbilang biasa-biasa saja. Tenaga puncak mencapai empat kW atau hanya lima daya kuda, namun secara stabil tenaganya justru diangka dua kW atau tiga daya kuda.

Piaggio mengklaim kalau skuter listrik buatannya itu bisa menempuh jarak hingga 96 kilometer. Skuter ini juga dilengkapi dengan inboard charger, untuk memudahkan pengisisan daya baterai.

Vespa juga menyebutkan model hybrid X, yang mengintegrasikan generator gas untuk mengisi daya baterai pada sumber tenaga listriknya. Kalau model ini jarak tempuhnya bisa sampai 193,1 kilometer.

Jika regulasi terkait kendaraan listrik sudah resmi diketuk palu oleh pemerintah, bukan tak mungkin Piaggio Indonesia juga mendatangkan skuter listriknya. 


(UDA)