Pelumas Kendaraan

Banyak yang Ganti Oli, Penjualan Pelumas Naik 10 Persen

Ekawan Raharja    •    Kamis, 08 Jun 2017 08:50 WIB
pertamina
Banyak yang Ganti Oli, Penjualan Pelumas Naik 10 Persen
Pertamina memiliki lini produk pelumas yang lengkap untuk berbagai jenis kendaraan. Pertamina Lubricants

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkah ramadan tak hanya dirasakan sebagian kalangan. Bahkan beberapa perusahaan juga merasakan omset penjualannya meningkat selama musim lebaran, termasuk PT Pertamina Lubricants yang menjajakan pelumas.

Anak perusahaan PT Pertamina mengklaim biasanya mengalami peningkatan penjualan selama bulan ramadan. Mereka berani berujar peningkatan penjualannya mencapai 10 persen dibanding hari-hari biasa.

"Kita membahas pelumas untuk otomotif saja, biasanya 15 ribu kilo liter (15 juta liter) per bulan. Kalau bulan Ramadhan ini kebutuhannya meningkat 10 persen," ucap Vice President Marketing Retail PT Pertamina Lubricants, Syafanir Sayuti, Senin (5/6/2017) di Rumah Maroko Jakarta.

Tradisi mudik menjadi alasan kenapa kebutuhan pelumas di momen lebaran meningkat. Masyarakat yang pergi ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi, biasanya melakukan perawatan dan termasuk pergantian pelumas.

"Tren bengkel penuh sebelum dan sesudah lebaran. Biasanya dua minggu sebelum lebaran bengkel penuh, dan kemudian dua minggu sesudah lebaran bengkel penuh lagi untuk perawatan setelah perjalanan jauh," ucap pria yang ramah terhadap awak media tersebut.

Salah satu strategi perusahaan pelat merah tersebut untuk memaksimalkan penjualan, dengan memberikan promo penjualan. Pertamina Lubricants sudah menyiapkan beragam promo penjualan untuk dapat menarik perhatian konsumen, khususnya saat melakukan pergantian pelumas kendaraan.

"Kami hadir dengan berbagai program yang memberikan kenyamanan serta kemudahan untuk pemudik. Selain itu, ini juga merupakan bentuk apresiasi kami terhadap seluruh pelanggan di Indonesia yang senantiasa mempercayakan produk pelumas kami," ujar Syafanir.

Terlepas dari momen Idul Fitri 1438 H, saat ini menguasai pangsa pasar pelumas otomotif mencapai 45 persen. Bahkan mereka menargetkan dapat menambah pangsa pasar dua sampai tiga persen.

Pertamina Lubricants percaya strategi yang mereka mainkan sudah benar. Strategi ini meliputi perbaikan layanan, peningkatan mutu produk, dan strategi pemasaran yang jitu.

Khusus di bulan ramadan ini, rival dari Shell atau Castrol ini juga menggelar program Berkah Ramadhan. Program ini di adakah khusus untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia, yang melakukan perjalanan mudik.

Program Berkah Ramadhan terdiri dari Paket Ketupat Enduro dan Lesehan Enduro. Paket Enduro merupakan paket penjualan berupa Enduro Matic atau Enduro Matic-G yang dikemas bersamaan dengan beberapa barang lainnya untuk keperluan mudik. Paket ini tersedia di berbagai bengkel umum dan bengkel Enduro Pertamina di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten dengan nilai mulai dari Rp55 ribu.

Sedangkan Lesehan Enduro adalah rest area yang khusus di buat oleh Pertamina Lubricants untuk mengawal perjalanan mudik masyarakat. Rest area ini siap melayani selama 24 jam penuh mulai 20-24 Juni 2017, yang tersebar di Nagrek Jawa Barat, Prupuk Jawa Tengah, Cirebon, Tegal, dan Pekalongan.

"Dari tahun ke tahun, Pertamina Lubricants selalu hadir untuk menemani para pemudik dalam perjalanan mereka sampai ke tempat tujuan. Baik mudik dengan mobil atau motor, kami mendukung tradisi tersebut dan terus berupaya untuk mempersiapkan dan menjaga, tidak hanya fisik tapi juga kendaraan, agar tetap prima selama perjalanan," tutur Syafanir.


(UDA)