Lalu Lintas

Hanoi Bakal Larang Sepeda Motor mulai Tahun 2030

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 05 Jul 2017 15:20 WIB
lalu lintas
Hanoi Bakal Larang Sepeda Motor mulai Tahun 2030
Populasi motor yang banyak membuat jalanan nampak semrawut. Asphaltandrubber

Metrotvnews.com: Ibu kota Vietnam yakni Hanoi akan memberlakukan larangan untuk masuk kota bagi sepeda motor mulai 2030 mendatang. Masa diberlakukannya larangan ini mundur lima tahun, setelah Agustus tahun lalu pemerintah Vietnam menetapkannya pada 2025 mendatang. Lantas apa alasan sepeda motor dilarang di kota Hanoi?

Penyebabnya karena pemerintah ingin memperbaiki masalah lalu lintas, sekaligus mendorong masyarakatnya menggunakan angkutan umum. Populasi sepeda motor memang cukup banyak di sana.

Setidaknya ada 4,9 juta sepeda motor termasuk skuter di jalan-jalan kota. Hanoi bahkan diperkirakan memiliki jumlah penduduk 7,7 juta orang pada 2015 lalu.

Setidaknya ada 8.000 hingga 20.000 unit motor baru yang mendaftar setiap bulannya pada 2015, dan disebutkan akan mencapai tujuh juta sepeda motor pada 2020 mendatang.

Hanoi saat ini mengoperasikan 1.000 unit bis, dengan 27 juta penumpang tiap bulannya. Namun pemerintah setempat ingin menambahnya dengan enam jalur kereta, tiga jalur bis dengan jalan khusus dan 18 jembatan baru yang ditargetkan tercapai dalam 14 tahun.

Pemerintah setempat juga ingin membuang label kualitas udara tidak sehat, berdasarkan data dari Real Time Air Quality Index. Kalau hal yang sama diberlakukan di Jakarta, apakah Anda setuju?


(UDA)