Industri Otomotif

Harley-Davidson Siapkan Skema untuk Caplok Ducati

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 24 Jun 2017 11:03 WIB
harley-davidson
Harley-Davidson Siapkan Skema untuk Caplok Ducati
Selain Eicher Group, HDMC juga berminat untuk membeli merek Ducati. HDMC

Metrotvnews.com: Kabar Volkswagen Group ingin melepas merek Ducati sudah santer terdengar belakangan ini. Selain Eicher Group, pemilik brand Royal Enfield, yang berminat membeli merek Ducati, mereka harus bersaing pula dengan pabrikan besar otomotif Amerika Serikat yakni Harley-Davidson.

Menurut Reuters, Harley-Davidson Motor Company (HDMC) berminat untuk membeli merek sepeda motor asal Italia tersebut. Bahkan mereka sudah mengajukan tawaran senilai EUR1,5 miliar atau sekitar Rp22,3 triliun.

Produsen motor gede (moge) asal Amerika Serikat tersebut sudah menunjuk perusahaan investasi perbankan, Goldman Sachs, untuk mengawal kesepakatan tersebut. Bahkan sumber milik Reuters mengatakan bahwa proses negosiasi akan berlangsung pada Juli 2017.

Tentu saja jika kesepakatan terjadi, maka akan terjadi kolaborasi yang akan menarik. Antara Harley-Davidson sebagai spesialis motor-motor bergaya touring dengan Ducati yang memiliki kemampuan meracik sepeda motor berkemampuan mumpuni dan teruji di ajang balap dunia.

Tentu saja Volkswagen Group memerlukan dana tambahan dalam waktu dekat. Hal ini terkait dieselgate yang menimpa mereka, sehingga menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Ducati saat ini sudah termasuk ke dalam perusahaan yang di jual di Kota Bologna Italia. Bahkan perusahaan yang menangani penjualan Ducati, Bain Capital and Permira, mengungkapkan mereka sedang melakukan negosiasi.

Di sisi lain, Harley-Davidson perlu melakukan ekspansi pasar. Terlebih pasar mereka di Amerika Serikat semakin tergerus karena kehadiran kompetitor seperti Honda dan Polaris Industries.


(UDA)