Motor Listrik

GESITS Bakal Masuki Uji Tipe Final Sebelum Produksi Massal

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 14 Dec 2018 10:34 WIB
motor listrik
GESITS Bakal Masuki Uji Tipe Final Sebelum Produksi Massal
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat menjajal motor listrik. Medcom.id/Desi

Jakarta: Pembahasan mengenai kendaraan listrik kini jadi topik yang seksi. Industri otomotif dunia sudah berlomba-lomba mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini. Tanpa terkecuali produsen otomotif yang ada di Indonesia.

Adalah Gesits, motor listrik yang digadang-gadang bakal jadi produk unggulan hasil karya dalam negeri yang siap bersaing dengan produk luar.

Berwujud skuter, Gesits mengaplikasi motor elektrik berdaya 5kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3.000 rpm. Untuk menggerakkan motor elektriknya GESITS dibekali baterai Lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.

Hanya dibutuhkan waktu maksimal tiga jam untuk mengisi ulang energi pada baterai Gesits. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh GESITS mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 km per jam.

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik buatan anak negeri, yang digagas oleh Garansindo Group bersama lnstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Motor ini disebut sudah siap diproduksi massal. Produksi rencananya dilakukan awal 2019. Namun sebelum itu Gesit harus menjalani serangkaian tes agar layak jalan sesuai standar keselamatan.

Terbaru, bocoran yang diperoleh Medcom.id dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yakni, motor listrik Gesits dijadwalkan melakukan uji tipe final dalam waktu dekat ini. Sayangnya karena keterbatasan waktu sang menteri, tidak banyak informasi yang bisa diperoleh.

"Uji tipe final Gesits dipastikan dalam waktu 1-2 minggu ini," singkat Budi ditemui di IRSA 2018, Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.


(UDA)